Makna Motif Geblek Renteng Kulon Progo

0 379

Makna Motif Geblek Renteng Kulon Progo

Makna dan arti Motif Geblek Renteng, yang sekarang menjadi Motif batik khas Kabupaten Kulon Progo. Motif yang sudah menjadi ikon Kulon Progo tersebut terdiri dari gambar geblek sebagai motif utama dan berbagai simbol yang menunjukkkan kekayaan alam dan kondisi Kabupaten Kulon Progo. Geblek dijadikan motif utama karena merupakan makanan  asli khas Kulon Progo. Di antara  Motif Geblek tersebut, ditorehkan Lambang Binangun yang digambarkan sebagai kuncup bunga yang akan mekar, memiliki makna bahwa Kulon progo merupakan daerah yang sebentar lagi akan mekar menjadi permata indah dari Pulau Jawa. Di sampingnya  terdapat Motif Buah Manggis yang merupakan flora khas Kulon Progo.

Ketiga motif tersebut dibuat dengan pola naik turun sebagai perlambang bahwa kenampakan alam di Kulon Progo yang sangat bervariasi, mulai dari pegunungan, dataran tinggi, hingga dataran rendah dan pantai. Untuk bagian kain bawah, Motif Binangun sedikit dimodifikasi dengan menambahkan hiasan yang menyerupai sayap yang melambangkan bahwa sebentar lagi di Kabupaten Kulon Progo akan dibangun Bandar Udara yang diharapakan mampu meningkatkan kemajuan masyarakat Kulon Progo. Selain itu juga ada gambar  Burung Kacer yang terbang ke atas, sebagaimana diketahui bahwa burung kacer merupakan salah satu fauna identitas Kulon Progo.

Kabupaten Kulon Progo memiliki potensi yang belum dipoles. Itulah sebabnya mengapa Batik Geblek Renteng menjadi momentum perubahan. Menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk memoles sedikit demi sedikit potensi yang sebenarnya masyarakat dan alam Kulon Progo miliki. Geblek Renteng menjadi alat pemersatu masyarakat Kulon Progo. Menumbuhkan kesadaran bahwa daerah ini sebenarnya dapat melakukan lebih dari yang sekarang dilakukan. Visi untuk mensejahterakan Kulon Progo tanpa meninggalkan kearifan lokal masyarakatnya. Itulah fungsi Geblek Renteng.

Source Makna Motif Geblek Renteng Kulon Progo Makna Batik
Comments
Loading...