Makna Motif Batik Tahu Aci

0 217

Makna Motif Batik Tahu Aci

Keselarasan dapat diperoleh melalui irama atau ritme yaitu suatu pengulangan bentuk stilasi makanan tradisional khas Tegal yaitu thu aci yang menampilkan komposisi bentuk dan garis yang tersusun dengan ritmis membentuk dasar pola lereng. Keselarasan juga didukung oleh bentuk stilasi tahu aci dan biji kedelai yang sederhana. Komposisi warna selaras didukung isian berupa titik (tutulan) pada stilasi tahu aci sehingga menambah keindahan pada motif.

Keseimbangan pada motif tahu aci menggunakan prinsip keseimbangan yang membuat ritme dengan membentuk dasar pola lereng yaitu dengan penempatan obyek yang merupakan stilasi dari bentuk tahu aci dan biji kedelai yang disusun secara ritmis. Penyebaran bentuk pada seluruh permukaan kain menunjukkan keseimbangan yang diperoleh melalui pengelompokan obyek dan warna.

Pembuatan Motif Tahu Aci dilatarbelakangi oleh keanekaragaman makanan tradisional khas Tegal salah satunya adalah tahu aci. Tahu aci adalah tahu goreng yang dibelah dua kemudian tiap belahan ditambahkan sedikit aci. Walaupun kemajuan zaman sudah maju serta banyak makanan-makanan junkfood yang mudah didapat, namun makanan tradisional ini masih bertahan hingga sekarang dan masih menjadi makanan favorit bagi masyarakat Tegal. Sehingga dengan kondisi ini mempengaruhi perajin untuk menciptakan ragam hias dengan tema tahu aci. Motif tahu aci merupakan batik modern karena merupakan motif inovasi baru dari batik Tegal yang biasanya menampilkan motif-motif tradisional. Dengan motif ini bertujuan untuk mengembangkan motif-motif baru khususnya batik khas Tegal dengan berpedoman pada kearifan lokal Kota Tegal.

Source http://eprints.uny.ac.id/38064/1/Krismawan%20Adi%20S_07206244021.pdf
Comments
Loading...