Makna Motif Batik Kacang Thukul

0 247

Makna Motif Batik Kacang Thukul

Keselarasan dapat diperoleh melalui irama atau ritme yaitu suatu pengulangan bentuk stilasi kacang tanah yang menampilkan komposisi bentuk dan garis yang tersusun dinamis, dengan bentuk organik dalam struktur yang bebas. Keselarasan juga didukung oleh bentuk stilasi kacang yang sederhana dengan varian yang beragam. Komposisi warna selaras kontras didukung isian berupa titik dan garis pada stilasi kacang dan daun menambah keindahan motif.

Keseimbangan pada Motif Kacang Thukul menggunakan prinsip keseimbangan secara asimetris yaitu dengan penempatan obyek yang menjadi perhatian utama (center of interest). Sebuah komposisi yaitu bentuk stilasi dari daun kacang yang diletakkan agak berjauhan serta ukuran yang lebih kecil. Penyebaran bentuk pada seluruh permukaan kain menunjukkan keseimbangan yang diperoleh melalui pengelompokan penciptaan Motif Kacang Thukul dipengaruhi oleh hasil produksi perkebunan masyarakat di wilayah Kecamatan Tegal Selatan yang merupakan daerah penghasil kacang tanah.

Kondisi ini mempengaruhi perajin setempat untuk menciptakan ragam hias dengan tema kacang tanah. Makna yang terkandung dalam motif ini tersirat dalam proses pertumbuhan kacang. Cara menanam kacang diawali dari sebutir biji, tumbuh dan berkembang sehingga pada saat dipanen menghasilkan kacang yang banyak, menyatu dan saling berkaitan. Dengan demikinan Motif Kacang Thukul bermakna do’a dan harapan agar selalu mendapatkan rejeki yang melimpah.

Source http://eprints.uny.ac.id/38064/1/Krismawan%20Adi%20S_07206244021.pdf
Comments
Loading...