Makna Motif Batik Gribigan

0 230

Makna Motif Batik Gribigan

Keseimbangan pada Motif Gribigan menampilkan bentuk stilasi dari bunga dan daun yang menampilkan prinsip keseimbangan secara asimetris. Penyebaran bentuk pada seluruh permukaan kain menunjukkan keseimbangan yang diperoleh melalui pengelompokan obyek dan warna.

Moitif Gribigan merupakan motif tradisional khas Tegal dengan bentuk ornamen utama tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar. Gribigan merupakan anyaman yang terbuat dari bambu. Pada jaman dahulu banyak rumah-rumah yang menggunakan anyaman bambu sebagai dinding-dinding rumah, sehingga dengan kondisi ini mempengaruhi perajin setempat untuk menciptakan ragam hias dengan tema gribigan.

Dengan perkembangan jaman anyaman bambu dapat berfungsi menjadi benda-benda penghias seperti pelapis plafon rumah, penghias karya-karya kerajinan seperti fas, bunga, kipas, topi, dan sebagainya. Makna yang terkandung dalam motif ini tersirat dalam proses pembuatan anyaman bambu. Cara penyusunan diawali dari sebilah bambu yang dihaluskan, ditata dan disusun rapi sehingga membentuk motif geometris. Dengan demikinan motif gribigan bermakna do’a dan harapan agar hidup selalu tertata, rukun, dan bahagia sertas rasa syukur terhadap alam.

Source http://eprints.uny.ac.id/38064/1/Krismawan%20Adi%20S_07206244021.pdf
Comments
Loading...