infobatik.id

Makna Motif Batik Gajah Lung Saliman

0 39

Makna Motif Batik Gajah Lung Saliman

Makna dibalik batik motif Gajah Lung Saliman adalah batik yang mengambarkan keadaan Kabupaten Sleman dahulu yang masih berupa hutan gajah. Pada batik motif ini terdapat motif gajah yang mengambarkan kekuatan, kebesaran dan kebijaksanaan. Gajah merupakan binatang kendaraan seorang Raja, dipercaya yang menaiki seekor gajah adalah seorang yang memiliki kedudukan tinggi dan bukan orang sembarangan serta barang siapa yang berada di atas gajah maka akan terlihat gagah.

Di Kabupaten Sleman juga memiliki tanah yang subur, karena keberadaanya di lereng Gunung Merapi dan dialiri oleh sungai-sungai besar maka mengakibatkan daerah Sleman menjadi daerah pertanian yang bagus. Dalam hal ini digambarkan dengan tanaman merambat atau yang sering disebut dengan Lung-lungan, tumbuhan Lung ini diyakini adalah tanaman ubi yang merupakan salah satu makanan pokok selain beras. Makna dari tumbuhan menjalar ini adalah kesuburan yang digambarkan dengan sulursuluran yang melingkar dan saling berkaitan satu sama lain.

Tumbuhan ini juga memiliki makna lain yaitu sebagai simbol kemakmuran, karena jika suatu daerah memiliki sumber pangan yang melimpah dalam hal ini adalah ubi, maka daerah itu tidak akan kekurangan bahan pangan dan hidup masyarakatnya akan makmur.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...