infobatik.id

Makna Motif Batik Bledug Wong Saliman

0 31

Makna Motif Batik Bledug Wong Saliman

Setiap motif dalam Batik Bledug Wong Saliman ini juga memiliki makna simbolis tersendiri. Gajah yang digambarkan dengan Bledug dalam Bahasa Jawa artinya gajah muda yang memiliki makna adalah gajah yang memiliki kekuatan sangat besar masih mudah untuk dilatih atau dikendalikan, binatang atau manusia jika masih muda maka akan mudah untuk dilatih, dalam hal ini adalah gajah muda (bledug). Gajah jika umurnya sudah tua maka akan sangat sulit melatih untuk menuruti perintah, tetapi jika masih muda maka akan lebih mudah dilatih mengikuti perintah pelatihnya.

Figur manusia memiliki makna yaitu sebagai pengendali. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang sempurna memiliki akal dan pikiran. Manusia dengan kecerdasanya diharapkan dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada di dunia ini dengan bijak dalam hal ini binatang gajah. Makna selanjutnya adalah motif burung merpati, burung ini adalah simbol dari kesetiaan dalam upacara pernikaha sering terdapat dua ekor burung merpati atau simbol burung merpati dan burung ini juga memiliki tanggung jawab yang baik, karena burung merpati juga sering digunakan sebagai alat untuk mengantar surat.

Jadi makna dari burung merpati adalah kesetiaan dan tanggung jawab. Dalam Batik Sleman jika dilihat selalu terdapat motif tambahan bunga, tidak hanya ada satu macam bunga saja dalam rangkaian motifnya tetapi ada beberapa macam stiliran bunga-bunga yang berbeda satu sama lain. Bunga-bunga tersebut memiliki makna yang tidak berbeda, makna dari bunga tersebut adalah sebuah keindahan atau hasil yang indah.

Bunga merupakan hasil dari sebuah tanaman, contohnya tanaman bunga mawar jika tidak berbunga maka tanaman tersebut akan terlihat kurang bagus karena berduri tetapi tanaman tersebut akan menjadi pusat perhatian jika sudah membuahkan hasil yaitu bunga. Jadi bunga memiliki makna yaitu hasil yang indah dari sebuah proses.

Motif Batik Bledug Wong Saliman jika dilihat secara keseluruhan makna adalah kekuatan yang besar yang masih dapat dikendalikan, kekuatan tersebut juga harus ditambah dengan kesetiaan dan tanggung jawab supaya tidak menimbulkan keburukan. Dengan kekuatan yang besar yang dapat dikendalikan ditambah dengan tanggung jawab dan kesetiaan maka Kabupaten Sleman diharapkan akan membuahkan hasil menjadi Kabupaten yang indah, nyaman, dan aman untuk ditinggali. Dengan tempat tinggal yang nyaman juga akan menghasilkan generasi-generasi muda yang cerdas untuk memajukan wilayah Kabupaten Sleman di kemudian hari.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...