Makna di Balik Motif Batik Peranakan, Penolak Bala Hingga Sejarah

0 145

Makna di Balik Motif Batik Peranakan, Penolak Bala Hingga Sejarah

Bicara soal batik, Indonesia memiliki beragam motif batik yang beragam. Tiap daerah di Indonesia, punya ciri khas tersendiri, bagaimana menampilkan motif batik yang indah yang mewakili daerahnya. Tak hanya itu, batik sendiri juga telah ditetapkan oleh Unesco sebagai Warisan Budaya Indonesia. 

Koleksi batik peranakan dari SA/VI official, akan diangkat dalam pagelaran bertajuk Darpa Nagari yang bertempat di Mall PIK Avenue Jakarta, 23 -26 Agustus 2018.  Sutradara kreatif SA/VI official, Vivia Setiawan mengatakan, batik peranakan diciptakan untuk menggambarkan keragaman budaya Indonesia yang juga dipengaruhi oleh budaya Tionghoa, Arab, Belanda, India dan Jepang.

Motif batik peranakan, cenderung memiliki warna-warna pastel. Pada batik peranakan kali ini, lebih banyak dijumpai bunga yang mempunyai arti keanggunan dan kesejahteraan di usia senja, burung yang artinya ratu dari segala burung yang menampilkan keanggunan, kelembutan. Vivia juga menjelaskan di Jawa sendiri pada masa silam, motif ini dianggap sebagai penolak bala. Batik peranakan, lanjut dia,  lebih sarat akan makna dan arti yang tidak lain, karena kepercayaan, tradisi dan cerita leluhur turun temurun.

Selain menampilkan Batik Peranakan, gelaran Darpa Nagari ini juga akan diwarnai bazar dari busana lokal Indonesia, mulai dari baju, tas, kraft, kain, accessories, snack dan makanan kemasan lokal Indonesia.

Source https://www.viva.co.id/ https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/1064793-makna-di-balik-motif-batik-peranakan-penolak-bala-hingga-sejarah
Comments
Loading...