Makna Batik Parang

0 233

Makna Batik Parang

Makna Batik Parang ternyata sangatlah baik, layaknya seperti sebuah doa. Berikut adalah beberapa makna dari Batik Parang yang sangat teladan dan terkesan pemberani.

Kebijaksanaan dan Keadilan

Nama “Gareng” (yang berarti lengkungan) pada batik Parang diambil dari tokoh perwayangan bernama Gareng. Tokoh ini merupakan simbol dari kebijaksanaan. Ia mampu melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda-beda, dari bermacam-macam arah. Tidak subyektif terhadap sudut pandangnya sendiri. Sehingga ia selalu dapat menyelesaikan masalah yang ada tanpa berat sebelah, dan keputusannya selalu dapat diterima oleh pihak-pihak yang terlibat. Bijaksana dan adil adalah dua hal yang menjadi makna utama dari Batik Parang.

Kekuatan Mental Yang Kokoh

Ombak yang menjadi inspirasi dari Batik Parang adalah simbol kekuatan. Ombak yang dengan gigih datang menabrak karang dengan keras. Perlahan tapi pasti, sampai-sampai batu karang yang notabene sangat keras, bisa berlubang dan mengalami korosi. Pengguna batik Parang diharapkan adalah orang yang kuat secara fisik dan mental. Dapat menjalani hidup dengan tabah, dan tidak mudah menyerah dalam situasi yang sulit, walaupun dihalangi berbagai cobaan. Ia tetap tabah, maju pantang mundur tanpa berhenti, persis seperti ombak yang menerpa karang di samudera.

Konsisten Dalam Kebaikan

Bentuk Motif Batik Parang yang saling menyambung dan berulang-ulang menggambarkan sebuah upaya untuk memperbaiki diri yang tidak pernah putus. Sesesorang yang  selalu berusaha untuk memperjuangkan kesejahteraan. Ia terus memelihara hubungan baiknya dengan sesama manusia, hubungannya dengan alam, dan dengan tuhannya.

Source https://www.pemoeda.co.id/batik https://www.pemoeda.co.id/blog/batik-parang
Comments
Loading...