Makna Batik Hokokai

0 263

Makna Batik Hokokai

Batik Hokokai merupakan sebuah jenis batik tulis yang lahir di Kota Pekalongan antara tahun 1944-1945 karena adanya pengaruh dari negara Jepang. Ciri-ciri utama batik Hokokai adalah motif bunga-bunga, biasanya bunga pada batik Hokokai adalah bunga Dahlia, Krisan, Peony, Sakura dan Anggrek. Bunga ini diiringi dengan motif kupu-kupu yang bertebaran dimana-mana. Ciri-ciri lain yang sangat khas dari batik Hokokai adalah terbaginya kain menjadi dua bagian, atau biasa disebut sebagai kain Pagi Sore. Batik Hokokai umumnya selalu warna-warni dan tidak kental kejawen, walaupun masih ada unsur budaya Jawa di dalamnya. Motif Hokokai terinspirasi dari selera orang Jepang yang saat itu menjajah Indonesia.

Beberapa jenis batik memang memiliki nilai yang tinggi apabila ditinjau dari segi maknanya. Seperti Batik Kawung contohnya, yang memiliki arti kedisiplinan atau kesempurnaan dalam pengendalian diri. Tapi sepertinya berbeda dengan Batik Hokokai. Makna dari Batik Hokokai itu harus ditinjau dari sejarahnya. Yaitu sejarah perjuangan para perajin batik di Kota Pekalongan dalam mempertahankan seni batik dari tentara Jepang. Sejarah perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan bangsanya dari penjajah. Sejarah bertemunya dua negara di masa lampau.

Sehingga mungkin apabila dirangkum dalam sebuah makna, maka Batik Hokokai adalah lambang perjuangan rakyat. Sebuah cendera mata dari pahlawan-pahlawan dan rakyat yang berjuang pada saat itu, kenangan dapat mengingatkan bahwa negara ini bisa bebas dari penjajah dan merdeka berkat kerja keras, kegigihan, kesabaran serta tumpah darah. Disisi lain, Batik Hokokai juga melambangkan keindahan, keindahan yang tercipta ketika dua bangsa dengan perbedaan kultur budaya bertemu dan berinteraksi satu sama lain. Terlepas dari hubungan dari kedua negara saat itu, kultur yang berbeda ini lalu bereaksi satu sama lain dan melahirkan mahakarya yang bernama Hokokai.

Source https://www.pemoeda.co.id/batik https://www.pemoeda.co.id/blog/batik-hokokai
Comments
Loading...