Majalengka Tetapkan 5 Motif Andalan

0 44

Majalengka Tetapkan 5 Motif Andalan

Pemerintah Kabupaten Majalengka Jawa Barat telah menetapkan 5 motif batik sebagai ikon daerah yang mewakili sejumlah produk etnik unggulan wilayah tersebut. Kelima motif batik yang telah lama dikembangkan di Majalengka adalah Motif Kota Angin, Simbarkencana, Nyi Rambut Kasih, Laut Ngibing, dan Motif Mangga Gedong Gincu.

Kepala Seksi Pengembangan Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Majalengka Aceng Ubaidilah mengatakan motif batik seperti mangga gedong gincu mewakili salah satu komoditas perkebunan unggulan di Majalengka. Dirinya menuturkan selain menjadi motif batik, mangga gedong gincu bahkan dijadikan simbol daerah yang dibuatkan monumen di wilayah perbatasan Majalengka.

Meskipun belum diproduksi secara massal, kelima motif batik tersebut terus didorong agar bisa menjadi hasil industri kerajinan utama Majalengka seperti daerah lain. Aceng mengungkapkan secara filosofis motif batik memiliki nilai seni dan budaya yang kental yang memudahkan masyarakat untuk mengenal Majalengka. Julukan Kabupaten Majalengka sebagai kota angin akan lebih efektif dikenalkan melalui media kerajinan batik.

Source http://bandung.bisnis.com/ http://bandung.bisnis.com/read/20130514/5/360888/batik-majalengka-tetapkan-5-motif-andalan
Comments
Loading...