Mahasiswa Kreasikan Batik Dengan Motif Trisomy

0 34

Mahasiswa Kreasikan Batik Dengan Motif Trisomy

Sebagai bentuk kepedulian pada para penderita down syndrome, sejumlah mahasiswa mengkreasikan batik dengan motif trisomy, atau kromosom 3 yang dimiliki penderita down syndrome. Motif batik hasil kreasi mahasiswa ini diapresiasi pihak kampus, dengan dijadikan sebagai motif seragam staf karyawan kampus.

Untuk memperingati Hari Down Syndrome sedunia yang jatuh pada 21 Maret. 5 orang mahasiswa salah satu universitas di Surabaya terinspirasi untuk membuat kain batik bertemakan down syndrome. Dalam proses pembuatannya, diawali dengan penentuan motif batik yang dilakukan oleh Chessa Uly Thalia dan 3 rekannya dari Fakultas Teknobiologi.

Penderita down syndrome memiliki 3 buah kromosom atau molekul trisomy, lebih banyak daripada orang biasa yang hanya 2 kromosom, maka dipilihlah molekul trisomy untuk diaplikasikan dalam batik. Sekaligus sebagai peringatan agar masyarakat tidak mengucilkan para penderita down syndrome.

Dari pemilihan motif, proses pembuatan dilanjutkan oleh Dian Iqbal Fanani, mahasiswa Fakultas Industri Kreatif, yang mengaplikasikannya dalam bentuk desain kain batik. Tak hanya dijadikan busana, namun kain batik ini juga dikreasikan menjadi tas dan sepatu. Bahkan hasil karya mahasiswa ini pun diapresiasi oleh pihak kampus, dan dijadikan kemeja batik yang dipakai oleh seluruh staf kampus.

Source http://pojokpitu.com/ http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=61194&&top=1&&ktg=Jatim&&keyrbk=Life%20Style&&keyjdl=Kreasi%20Batik
Comments
Loading...