Magelang Luncurkan Batik Tidar

0 243

Magelang Luncurkan Batik Tidar

Pemerintah Kota Magelang meluncurkan produk berupa kerajinan batik yang diberi nama Batik Tidar. Batik ini akan menjadi ikon batik Kota Magelang yang dirintis oleh puluhan pengrajin yang tergabung di salah satu kelompok usaha bersama masyarakat setempat. Para pengrajin batik optimis batik khas kota ini bakal diminati pasar pada masa mendatang. Penggunaan nama Tidar pada batik ini mengambil nama Gunung Tidar yang berada di tengah Kota Magelang. Para pengrajin batik yang tergabung dalam kelompok itu mengatakan produksi batik tulis, cap dan kombinasi antara tulis dengan cap.

Beberapa waktu lalu sebanyak 20 anggota kelompok itu menjalani pelatihan membatik di Kota Bandung dan selanjutnya mengembangkan produk itu di kampung halamannya. Kelompok itu terdiri atas kalangan pelajar, mahasiswa, seniman, dan para ibu rumah tangga. Sampai saat ini pihaknya telah memproduksi batik sebagai bakal pakaian dan selendang yang antara lain dengan Motif Water Tower, Pelengkung, dan Burung Kepodang.

Pengembangan kerajinan setempat dapat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas masyarakat, perekonomian, dan membuka lapangan kerja. Pemerintah Kota kan mengeluarkan kebijakan untuk pemakaian seragam batik khas kota ini kepada PNS setempat. Akan tetapi, para pengrajin juga harus menerus untuk meningkatkan keterampilan agar dapat mengembangkan produk batik ini.

Peluncuran Batik Tidar ditandai dengan peragaan busana batik oleh para pejabat Pemerintah Kota termasuk anggota forum pimpinan daerah setempat, siswi sekolah, dan pameran produk batik khas kota ini oleh KUB Batik Tidar.

Source Magelang Luncurkan Batik Tidar Batik
Comments
Loading...