infobatik.id

Maestro Batik Pekalongan Cina Peranakan, Oei Khing Liem

0 16

Maestro Batik Pekalongan Cina Peranakan, Oei Khing Liem

Kaum Cina peranakan yang kerap membekalkan barang-barang kesayangan/barang terbaik bersamaan dengan prosesi penguburan kerabatnya yang meninggal membuat jarangnya kain batik terbagus yang masih dapat ditemukan hingga saat ini. Namun beberapa yang tersisa masih tetap menjadi salah satu batik paling indah dan paling halus dari masa keemasan batik tulis.

Salah satu maestro batik Cina Peranakan adalah Oei Khing Liem, yang memulai usahanya sekitar tahun 1910-an. Selain tanda tangannya, dalam beberapa batik karyanya juga dibubuhkan tulisan “M.D.E. van Zuylen”, yang berarti model dari pembatikan van Zuylen.

Tempat tinggal serta rumah pembatikan milik Oei Khing Liem berada di Residentsweg di Pekalongan. Di halaman belakangnya tepat berbatasan dengan tanah milik Lies van Zuylen. Lewat hubungan inilah Oei menawarkan pembelian izin untuk menggunakan tanda tangan/signature kepada keturunan dan pewaris dari Ny.

Van Zuylen setelah kematiannya, meski tidak dapat dipastikan apakah diterima/tidaknya penawaran tersebut. Oei Khing Liem juga sempat mengerjakan batik bagi kaum Jepang semasa kependudukannya di Perang Dunia ke-II, melahirkan batik Djawa Hokokai yang tidak kalah terkenal.

Source https://www.kuppubatiktenun.com/ https://www.kuppubatiktenun.com/blogs/news/oei-khing-liem-maestro-batik-pekalongan-cina-peranakan-1
Comments
Loading...