Macam Batik-batik Indah Jawa Barat

0 34

Macam Batik-batik Indah Jawa Barat

Jawa Barat menyimpan koleksi batik-batik indah. Tidak hanya sekadar batik Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya dan Cianjur. Tetapi ada beberapa desa di beberapa kabupaten kota di Jawa Barat yang memiliki batik dengan keunikan tersendiri.

Batik Ciwaringin

Ketua Yayasan Batik Jawa Barat Sendy Yusuf menjelaskan, ada beberapa batik unik dan khas yang hanya dijumpai di satu desa di antara puluhan kabupaten kota di Jawa Barat.

“Misalnya saja Batik Ciwaringin di Cirebon yang membuat batik tanpa pola (sketsa),” ucapnya usai Re-Launching Batik Café & Lounge di Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Kampung Batik Ciwaringin berjarak 30 km dari Kota Cirebon atau memakan waktu 45 menit. Tempat ini sudah ada sejak dahulu, tapi kurang populer ketimbang Batik Trusmi yang masih satu kabupaten.

Sendy menambahkan, daerah pembatikan lama ini baru ditemukan Yayasan Batik Jawa Barat dan menjadi percontohan batik perwarna alam yang berkualitas.

“Keunikan lain batik ini adalah fokus pada pewarna alam dengan motif bunga bouquet dan tarikan garisnya,” katanya.

Beberapa bahan pewarna yang digunakan yakni batang mangga, indigo, kulit rambutan dan kulit jengkol. Bahan-bahan tersebut direbus selama 7 jam hingga menghasilkan ekstrak warna.

Batik Sukapura

Batik dari Desa Sukapura, Tasikmalaya ini termasuk batik asli turun temurun (Batik Buhun) yang masih memanfaatkan pewarna alam. Umumnya mengaplikasikan warna cokelat (sogan) seperti batik Jawa.

“Bedanya, motif Batik Sukapura besar-besar tanpa isen-isen,” sambungnya.

Batik Bandung

Selain memanfaatkan pola batik trun-temurun, perajin batik di Jawa Barat juga berlomba-lomba membuat pola sendiri sesuai kearifan lokal daerahnya. Misalnya saja pola Batik Bandung yang terinspirasi dari naskah kuno Sanghyang siksakanda ng karesian.

Sendy menjelaskan, pola batik ini diterjemahkan keturunan Wiranata Kusuma (Bupati Kabupaten Bandung pertama). Ia membuat pola Batik Bandung dengan berpuasa dan menuangkannya di kertas kalkir. Kendati Bandung tidak memiliki keraton tetapi motif batiknya seperti batik keraton.

“Sebelum meninggal, ia menitipkan pola-pola tersebut kepada Yayasan Batik Jawa Barat untuk diajarkan kepada 10 keturunannya,” ucap istri Dede Yusuf ini.

Batik Sukabumi

Ada pula motif Batik Sukabumi yang terinspirasi dari keindahan alam dengan memadukan penyu dan bintang-bintang malam (gurilat).

Batik Legenda

Jawa Barat juga dikenal dengan Batik Legenda yang menceritakan cerita rakyat dalam selembar kain panjang. Setiap kabupaten kota biasanya memiliki batik ini. Misalnya saja cerita Curug Cimahi, Sangkuriang, Topeng Cirebon dan Wayang.

“Batik juga menjadi syiar agama sekaligus sarana edukasi,” tambahnya.

Meskipun Jawa Barat kaya dengan ragam jenis batik. Namun, Sendy mengakui kesulitan menghimpun data. Ia menambahkan, ada sekitar ratusan motif batik per kabupaten, misalnya saja Kabupaten Indramayu terdapat 150 motif batik yang terdaftar di HAKI.

“Kendalanya, para perajin malas mengumpulkan nama, motif dan syarat administrasi padahal ini program gratis untuk mendaftar HAKI,” pungkasnya.

Source http://pinkkorset.com http://pinkkorset.com/2016/batik-batik-indah-jawa-barat/?ref=homepage
Comments
Loading...