Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulon Progo 2014 Lahirkan Banyak Desainer Muda

0 46

Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulon Progo 2014 Lahirkan Banyak Desainer Muda

Bertempat di Java Grand Ball Room Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel Yogyakarta, Dewan Juri Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulon Progo Tahun 2014 menetapkan para pemenang.

Lomba dibagi dalam empat kategori, yakni Kategori Busana Kerja Wanita, Busana Kerja Pria, Busana Kasual Wanita dan Busana Kasual Pria.

“Lomba ini dalam rangka melestarikan seni budaya batik dan untuk memperkenalkan Batik Geblek Renteng agar bisa dikenal lebih luas lagi, baik ke tingkat nasional maupun internasional,” ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kulon Progo, Dwikisworo Setyowireni.

Lomba dapat dijadikan sarana penggalian ide dan kreativitas masyarakat, serta meningkatkan kecintaan terhadap batik. Di samping itu, dapat memperbanyak khazanah batik di Kulon Progo.

“Lomba diikuti 107 peserta yang terbagi dalam 4 kategori,” kata dokter Reni, begitu ia akrab dipanggil, seperti dirilis Humas Pemkab Kulon Progo.

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan semua pihak, sehingga dengan lomba ini, karya batik khas Kulon Progo Batik Geblek Renteng semakin dikenal dan disukai masyarakat, meskipun awalnya hanya dipakai siswa sekolah dan PNS di Pemkab Kulon Progo.

Untuk memperkenalkan batik khas ke luar, sambungnya, memang diperlukan terobosan. Dengan Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulon Progo Tahun 2014 diharap mempercepat pemasaran, dan semakin meningkatkan daya tarik batik Kulon Progo.

“Sehingga dapat sederajat dengan batik lainnya yang sudah eksis terlebih dahulu. Dan dapat mengangkat perekonomian masyarakat Kulon Progo,” harap Wabup.

Desainer Muda

Sementara itu, Lia Mustafa, Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), selaku Ketua Tim Juri sangat bangga dengan Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulon Progo Tahun 2014, karena diikuti desainer generasi muda, baik dari Kulon Progo, maupun Kabupaten dan Kota lain di DIY.

“Dan ini yang sangat membanggakan kami. Animo generasi muda sangat tinggi untuk ikut melestarikan budaya bangsa,” kata Lia.

Bermacam tema dan warna menginspirasi karya-karya desain busana bermotifkan Geblek Renteng. Hal tersebut mampu memberikan kesan bahwa batik Geblek Renteng bisa dikemas dalam karya busana yang menarik, inovatif, dan elegan.

“Semoga Lomba ini akan memotivasi dan menciptakan generasi-generasi muda yang mencintai budaya sendiri dan memacu diri untuk berkarya dan berkreasi. Selain itu, menunjukkan bahwa Batik Geblek Renteng dapat diaplikasikan dalam berbagai busana yang modis dan trendi,” pungkas Lia.

Source https://jogjadaily.com https://jogjadaily.com/2014/10/lomba-karya-desain-busana-batik-khas-kulon-progo-2014-lahirkan-banyak-desainer-muda/
Comments
Loading...