Lomba Desain Motif Batik Subang

0 148

Lomba Desain Motif Batik Subang

Agar menonjolkan motif batik khas daerah, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat bekerja sama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Subang menggelar lomba desain motif batik yang bertempat di areal Gedung Wisma Karya, Jalan Ade Irma Suryani, Kabupaten Subang pada tanggal 24 November 2012. Pada perlombaan yang bertajuk “Menggali Inspirasi Motif Batik Subang” ini diikuti sekitar sembilan puluh desainer dari kalangan pelajar dan umum. Motif batik yang memenangi perlombaan ini rencananya akan dijadikan sebagai motif batik khas Kabupaten Subang.

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Netty Prasetyani Heryawan mengatakan kegiatan tersebut bukan hanya bertujuan untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia dan dunia, tetapi juga untuk lebih memasyarakatkan batik hingga ke semua daerah. Dengan kegiatan tersebut, dia juga berharap terlahir kreativitas yang unik mengenai desain motif batik yang bisa digemari semua kalangan. Sejauh ini, perajin batik hanya identik dengan perempuan dan orang tua. Namun, dengan banyaknya peserta lomba ini dari kalangan muda, cukup membuktikan bahwa kini batik sudah banyak diminati semua kalangan. Perkembangan batik di berbagai daerah di Jawa Barat cukup menggembirakan. Sejumlah motif batik di beberapa daerah, seperti Ciamis, Tasik, dan Cirebon bahkan sudah memiliki ciri khas dan kaya akan kreativitas.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Subang, Ading Suherman mengakui, selama ini Kabupaten Subang belum memiliki motif batik khas daerah. Dia berharap agar lomba desain batik memunculkan motif batik khas daerah yang dapat diterima masyarakat. “Motif batik khas Subang intinya harus menggambarkan tiga karakter daerah ini, yaitu pegunungan, dataran, dan laut. Ketiganya bisa dipadukan, ataupun salah satunya juga tidak apa-apa,” ucapya.

Source Lomba Desain Motif Batik Subang Batik
Comments
Loading...