Lomba Batik Pewarna Alam Digelar Dekranasda Sleman

0 22

Lomba Batik Pewarna Alam Digelar Dekranasda Sleman

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bekerjasama dengan Disperindagkop Kabupaten Sleman untuk menggelar lomba batik pewarna alam. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 15 Juli hingga 7 Oktober mendatang. Ini merupakan lomba kali kedua yang digelar oleh Dekranasda Sleman. Perlombaan pertama diadakan tahun 2012 yang menghasilkan berbagai macam motif seperti Sinom Parijotho, Salak, Belut, dan Gajah.

Tahun ini, lomba difokuskan untuk mewujudkan Sleman yang ramah lingkungan sehingga dipilih tema batik pewarna alam. “Kami berharap penyelenggaraan lomba ini mampu mempromosikan budaya busana batik ke tingkat nasional dan internasional, serta memberikan pengetahuan mengenai pewarna alam yang ramah lingkungan dan lebih sehat,” papar Ketua Dekranasda Sleman Kustini Sri Purnomo. Dengan diselenggarakan perlombaan ini agar untuk kedepannya Batik Sinom Parijotho Salak dengan pewarna alam akan menjadi ikon identitas daerah Sleman.

Pemkab sendiri telah menerbitkan aturan terkait desain motif batik yang termaktub dalam Peraturan Bupati. Ketua panitia lomba, Bowo menjelaskan, kategori lomba ini ada dua macam. Kategori pertama adalah pewarna alam batik Sinom Parijotho Salak. Sedangkan kategori kedua berupa aplikasi batik pewarna alam Sinom Parijotho Salak dalam produk fashion. Perlombaan ini terbuka bagi umum. Peserta bisa berasal dari pelaku industri batik, masyarakat umum, akademisi maupun pelaku industri fashion.

Comments
Loading...