Lomba Batik Motif Asian Game di Solo

0 34

Lomba Batik Motif Asian Game di Solo

Menjelang event olah raga Asian Games, di Solo digelar lomba membatik dengan  thema dan motif tentang pesta olah raga Asian Games di Ndalem Gondosuli, Laweyan, Solo. Warga Solo juga ikut berpartisipasi dalam menyambut event Asian Games dengan menuangkan ikon dan maskot Asian Games ke dalam inovasi desain di atas kain batik,”ujar KRHT Heru Notodiningrat  inisiator lomba desain batik bermotif Asian Games.

Menurut Heru Notodiningrat, digelarnya lomba menggunakan peralatan membuat batik seperti canting juga dimaksudkan untuk menemukan perajin batik berbakat, untuk mengisi kekosongan regenerasi perajin batik yang kini banyak yang berusia sepuh. Menjadi perajin batik yang memiliki karya desain batik yang inovatif, unik serta khas memang tidak mudah. Kami yang puluhan tahun bergelut dengan seni membatik   yang kini telah diakui oleh Unesco sebagai warisan dunia dari Indonesia justru menghadapi problema besar, yakni sedikitnya kalangan generasi muda yang mau menekuni batik termasuk menjadi perajin batik.

Lomba membatik tingkat siswa Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga mahasiswa dan masyarakat umum tingkat Jateng – DIY digelar di Ndalem Gondosuli bertajuk ”Batik Week 2108”, selain memperebutkan tropi Gubernur Jawa Tengah serta hadiah puluhan juta rupiah. “Selain itu karya pemenang lomba nantinya digelar dalam pameran di Ndalem Gondosuli serta bakal mendapatkan royalti,”ujar  Heru

Source http://krjogja.com/ http://krjogja.com/web/news/read/75008/Lomba_Batik_Motif_Asian_Game_di_Solo
Comments
Loading...