Lestarikan Warisan Budaya Uji Kompetensi Batik Digelar di Purworejo

0 135

Lestarikan Warisan Budaya Uji Kompetensi Batik Digelar di Purworejo

Puluhan warga yang ada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengikui uji kompetensi batik dengan sangat antusias. Selain untuk menjaga warisan budaya, kegiatan tersebut sekaligus untuk mendidik para pembatik agar lebih kompeten. Bertempat di galeri batik GW Collection Jl Cangkrep Kidul – Semawung, Perum Cluster Karima No 8, Purworejo, Uji kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Batik diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Batik di bawah pengawasan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana para pembatik asal Purworejo itu berkecimpung dalam dunia batik, beberapa materi uji pun diberikan kepada para paserta. Ada 3 materi inti yang dinilai dalam sertifikasi ini yakni ada wawancara tentang pengetahuan batik, yang kedua ada ketrampilan yaitu saat praktik membatik dengan canting, dan yang ketiga adalah sikap saat bekerja.

Semua peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis karena sudah difasilitasi oleh Kementrian Perindustrian. Selain menjaga warisan budaya, melalui uji kompetensi tersebut para pembatik diharapkan bisa lebih bermutu dan profesional. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan mutu SDM batik sekaligus menjaga warisan budaya. Peserta yang ikut juga tidak dipungut biaya alias gratis. Tidak hanya diikuti oleh kaum perempuan saja, namun para pembatik laki-laki pun ikut memegang canting dan tak mau kalah. Nantinya, bagi siapa yang lulus dalam uji kompetensi tersebut akan mendapatkan sertifikat.

Salah seorang peserta Sri Bandu Rahyuni salah satu warga Desa Loano, Kecamatan Loano yang ikut dalam acara tersebut mengaku baru pertama kali ikut uji kompetensi batik. “Selain itu juga sekaligus ikut melestarikan budaya batik, saya di rumah juga bikin dan jual batik,” ucapnya sambil melukiskan canting pada lembaran kain.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3882401/lestarikan-warisan-budaya-uji-kompetensi-batik-digelar-di-purworejo
Comments
Loading...