Lestarikan Seni Batik Jember Melalui Lomba Membatik

0 103

Lestarikan Seni Batik Jember Melalui Lomba Membatik

Potensi yang ada pada Batik Jember dengan berbagai motif yang sudah dipasarkan hingga luar negeri, terus dilestarikan keberadaannya. Banyak cara pula bisa dilakukan untuk menggeliatkan potensi batik khas Jember tersebut. Ini pula yang dilakukan saat peringatan Hari ibu yang diisi dengan lomba batik yang diikuti ratusan ibu-ibu. Menurut lriane selaku ketua panitia lomba pembelajaran membatik, dalam lomba batik tersebut diikuti sedikitnya 150 peserta yang notabene semuanya dari kalangan ibu-ibu. Sebelum mengikuti lomba, ibu-ibu dari berbagai kalangan ini telah dibekali ilmu membatik, ibu-ibu terlebih dahulu mengikuti workshop agar tahu cara membatik yang benar. Lomba pembelajaran membatik ini untuk menyediakan wadah bagi pecinta batik. Sekaligus mengeksplorasi jiwa dan seni kreativitas melalui karya batik dan menumbuhkan semangat dan cinta batik serta penelusuran bakat dan talenta design batik. Tidak kalah pentingnya lewat pembelajaran membatik ini mampu menumbuhkan minat wirausaha dan enterpreneurship di bidang seni batik dan fashion.

Pada kesempatan lomba membatik tersebut tidak disia-siakan ibu-ibu. Buktinya pesertanya tidak hanya dari kalangan anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jember, tetapi juga dari anggota koperasi wanita, anggota lembaga keuangan mikro masyarakat (LKMM), serta dari masyarakat umum.

Para peserta lomba mendapatkan fasilitas bahan membatik, materi lomba dan sertifikat. Menariknya, bagi pemenang mendapatkan hadiah piala dan uang tunai dengan total Rp 4,2 juta. Masih menurut lriane, rencananya lomba batik akan dilakukan secara berkelanjutan. Harapannya, dengan semakin banyak kalangan ibu-ibu yang pandai membatik, bisa menjadi peluang usaha dan tambahan income tersendiri.

Source http://radardjember.blogspot.co.id/ http://radardjember.blogspot.co.id/2013/12/lestarikan-seni-batik-jember-melalui.html
Comments
Loading...