Lestarikan Batik Lewat Youth Celebrate Batik Day

0 39

Lestarikan Batik Lewat Youth Celebrate Batik Day

Para pembatik dengan penuh hati-hati, menggoreskan cantingnya di atas lembaran kain putih. Sesekali, mereka mendulang lagi cairan malam yang ada di wajan kecil, meniup-niupnya, lalu menorehkannya lagi di atas kain. Seketika, lembaran kain polos itu berubah menjadi kain dengan pola batik yang indah. Suasana itu seperti terlihat pada acara Youth Celebrate Batik Day, yang diselenggarakan oleh UNESCO Jakarta dan CITI Indonesia, di Kafe Nujiwa, Desa Karanganyar, Borobudur, Magelang.

Kegiatan membatik massal ini menjadi salah satu kegiatan dari perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Zaimul Azza, mengatakan, batik telah menjadi salah satu warisan budaya tak benda yang telah diakui sebagai warisan dunia. Oleh karena warisan budaya asli Indonesia ini harus terus dilestarikan.

Salah satu upaya pelestarian yakni dengan acara Youth Celebrate Batik Day oleh UNESCO Jakarta dan CITI Indonesia. Kegiatan ini selaras dari tugas fungsi Balai Pelestarian Nilai Budaya, dan mendukung upaya-upaya dalam melestarikan nilai budaya. “Apa yang dilakukan ini dapat melestarikan batik dengan kreativitas yang ada pada pemuda, batik akan selalu lestari, itu yang kita harapkan. Tak hanya batik saja, tetapi juga warisan budaya lain seperti wayang, bahkan makanan rendang yang merupakan nilai tradisi kita,” ujar Zaimul, saat membuka acara Youth Celebrate Batik Day.

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2018/10/02/lestarikan-batik-lewat-youth-celebrate-batik-day
Comments
Loading...