infobatik.id

Lestarikan Batik Klasik Dalam Warna Kini dan Dulu

0 30

Lestarikan Batik Klasik Dalam Warna Kini dan Dulu

Batik bukan hanya sekadar selembar kain saja, tapi karya nenek moyang yang mengandung sejarah tersendiri. Tak heran bila batik dinobatkan menjadi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2009. Saat ini setiap 2 Oktober ditetapkan menjadi Hari Batik Nasional. Tentu saja, batik akan tetap lestari bila kita tetap bangga pada warisan budaya tersebut.

Sebagai wujud cinta pada Batik, Pasaraya menggelar Tribute to Batik Indonesia “Batik Klasik dalam Warna Kini dan Dulu”, yang dimulai pada 30 September hingga 30 Oktober 2016. “Tema Batik Klasik dalam Warna Kini dan Dulu sengaja kami pilih karena kami sadar bahwa batik adalah bagian dari lifestyle. Kami mengajak masyarakat untuk menjadikan batik sebagai inspirasi yang sesuai dengan gaya hidup masa kini. Sebab, motif batik klasik sarat filosofi,” ujar Presiden Direktur Pasaraya Medina L. Harjani.

Supaya batik tetap kekinian, pihaknya menggelar bazaar dengan mengajak para pengrajin dari sentra-sentra penghasil batik di Indonesia. “Tahun ini, pertama kali kami membuat di atrium Pasaraya. Ada batik market, kuliner, dan hiburan, terutama di akhir pekan. Kami juga akan menggelar acara putra-putri batik dari anak hingga remaja selama tiga hari,” tuturnya. Selain itu, batik hadir dalam nuansa kekinian. “Kami mau angkat warna-warna terkini. Kami minta beberapa pengrajin dari daerah membawakan batik dengan warna-warna trendi,” tutupnya.

Source http://majalahkartini.co.id/ http://majalahkartini.co.id/berita/serba-serbi/lestarikan-batik-klasik-dalam-warna-kini-dan-dulu/
Comments
Loading...