Lestarikan, 5 Motif Batik Langka

0 14

Lestarikan, 5 Motif Batik Langka

Batik yang hampir punah di Indonesia, mungkin kalian belum pernah mendengarnya. Tapi kita coba mencari apa saja motif batik yang hampir punah. Sayang sekali pasti kalo salah satu dari motif batik ini menjadi punah hanya karena kurangnya perhatian kita kepada dunia batik.

Batik Tegal [Batik Tegalan]

Ketika berkunjung ke mbah wikipedia, salah satu pusat informasi di dunia internet. Tidak ada info tentang batik Tegal. Berbagai motif batik Tegalan yang klasik seakan mulai tergusur motif kontemporer yang semakin banyak. Sebenarnya tidak menjadi masalah karena berarti batik terus berkembang.

Yang menjadi sedikit masalah adalah motif batik Tegalan klasik yang mulai menghilang, meskipun tidak benar-benar menghilang. Kami yakin masih ada para pelestari motif klasik khas Tegal seperti motif beras mawur, motif mahkota, motif grandilan, motif glondahan, motif kitiran, dan beberapa motif klasik lagi.

Mungkin minimnya publikasi dan informasi yang membuat batik ini dirasa sepi peminat. Padahal motif Tegalan juga memiliki nilai khas tersendiri.

Batik Batangan

Batik tulis di kota Batang mendapatkan pengaruh dari kota batik Lasem yang sudah lebih dulu terkenal. Namun pewarnaan mendapatkan pengaruh dari Jogja yang berwarna gelap. Motif Gemak Sethekem, motif remo dan masih banyak lagi motif khas Kota Batang yang terancam punah.

Menurut beberapa sumber, kurangnya perhatian generasi muda yang membuat batik ini tidak begitu eksis dan cenderung dijual dengan harga murah. Padahal motif yang dimiliki adalah motif klasik yang langka dan unik.

Solusinya mungkin adalah bagaimana membuat batik batangan memiliki nilai istimewa di dalam sudut pandang generasi muda saat ini. Dan memasuki trend fashion anak muda kota Batang.

Batik Bekasi

Sebagai salah satu kota industri, ternyata Kota Bekasi memiliki motif batik tersendiri, dengan warna cerah. Sebelum 2014 motif batik ini sempat menghilang dari kota Bekasi. Namun pada 10 Maret 2014 bersamaan dengan HUT Kota Bekasi. Diresmikan 12 motif batik bekasi yang identik dan menjadi ikon kota Bekasi.

Mungkin beberapa motif yang menjadi pakem sekarang adalah motif kontemporer, sedangkan motif klasik, mungkin beberapa pengrajin batik di Kota Bekasi masih memiliki blue print nya.

Batik Palembang

Selain kain songket yang terkenal, Palembang juga memiliki kain batik yang bentuk motifnya memang sangat mirip dengan kain songket. Karena kain songket lebih terkenal, mungkin batik ini sudah punah karena tidak adanya perajin batik.

Motif songket, blongsing, jumputan pelangi, dan beberapa motif lain mulai susah ditemukan. Sebenarnya apabila dibuat hubungan simbiosis mutualisme antara kain songket dan kain batik dengan bertukar ide dan kreatifitas, keren juga.

Batik Papua Port Numbay

Kita akan menuju Indonesia bagian timur dimana Papua juga memiliki motif batik. untuk sekarang mungkin bisa kita bilang belum punah, karena pada tahun 2009 gencarnya pelatihan membatik di Port Numbay membuat batik papua kembali bangkit dari keterpurukan.

Perhatian pemerintah untuk daerah Indonesia Timur memang belum sepenuhnya diberikan. Namun pembangunan infrastruktur yang terus menerus dikebut semoga membuka kembali peluang industri batik di tempat saudara kita di Papua agar lebih terkenal dan memberikan tambahan galeri kebudayaan bangsa Indonesia.

Lima batik yang kalian mungkin baru mendengarnya ini memiliki nilai filosofis tersendiri berdasarkan daerahnya. Sudah menjadi tugas kita untuk melanjutkan dan melestarikan budaya batik indonesia sehingga menjadi dinasti baru dalam kehidupan budaya batik.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/04/03/lestarikan-5-motif-batik-langka-yang-mungkin-kalian-belum-tahu/
Comments
Loading...