Lestari Moerdijat Sebut Potensi Batik Kudus Bisa Mendunia

0 98

Lestari Moerdijat Sebut Potensi Batik Kudus Bisa Mendunia

Koordinator Wilayah (Korwil) Partai Nasdem Jateng-DIY, Lestari Moerdijat mengunjungi sentra batik Kudu di Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kudus. Di pusat batik Kota Kretek ini, Lestari takjub dengan kreasi batik asli daerah ini.

Bahkan ia menyebut, batik khas Kudus mempunyai keistimewaan sendiri sehingga mempunyai potensi untuk merambah ke pasar dunia. Dalam kunjungannya ia ditemani oleh Miranti, perajin batik yang juga getol mempopulerkan batik Kudus di kancah dunia.

”Batik ini merupakan maha karya dari Kudus yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Sehingga bisa menembus pasar internasional,” kata caleg DPR RI dari Dapil 2 Jateng tersebut.

Dalam kunjungannya itu, Lestari bersama Miranti juga mengunjungi beberapa galeri batik di Desa Langgar Dalem. Salah satunya di Omah Batik-ku yang dikelola Fadloli. Omah Batik-ku merupakan industri kerajinan batik khas Kudus yang telah berdiri sejak beberapa generasi.

Dalam kunjungan tersebut mereka berdiskusi mengenai tantangan dan solusi dalam mengembangkan industri batik Kudus, agar bisa lebih mendunia dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.

“Kami punya komitmen untuk mengembangkan batik tradisional, termasuk di Kudus ini. Sehingga partisipasi dari banyak pihak sangat diperlukan,” ujarnya.

Sementara itu Fadloli mengatakan, kepedulian dari pemerintah dan wakil rakyat sangat penting untuk mengembangkan batik khas Kudus. Terutama jika ingin dipopulerkan hingga ke luar negeri.

”Selama ini memang tidak banyak calon wakil rakyat yang peduli terhadap perkembangan batik Kudus. Akan tetapi ternyata Ibu Lestari Moerdijat tidak hanya peduli tetapi sudah puluhan tahun menjadi penggemar dan sekaligus kolektor batik. Ini harapan bagi kami,” terangnya.

Source https://www.murianews.com https://www.murianews.com/2019/02/25/158291/lestari-moerdijat-sebut-potensi-batik-kudus-bisa-mendunia.html
Comments
Loading...