Lerak Sebagai Bahan Pencuci Batik

0 187

Lerak Sebagai Bahan Pencuci Batik

Lerak sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mencuci kain batik. Lerak sendiri merupakan sebuah tanaman yang biasa diambil buahnya dan digunakan sebagai pembersih kain terutama batik. Lerak juga membuat batik lebih awet dan tahan lama. Lerak sendiri tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kain batik saja, namun juga menjaga warna kain batik. Selain itu, aroma Lerak juga bisa mengusir serangga kecil yang bisa merusak kain batik.Hasilnya pun batik bukannya menjadi awet malah cepat luntur dan tidak tahan lama. Berikut cara mencuci batik dengan menggunakan lerak:

Campurkan Lerak dengan Air Hangat

Mencuci kain batik tidak jauh berbeda dengan kain tenun lainnya. Sebaiknya mencuci kain batik dilakukan saat memang benar-benar sudah kotor, pencucian kain batik pun biasanya menggunakan buah lerak yang masih berbentuk buah kering maupun cair.

Langkah pertama masukan buah atau cairan lerak ke dalam air hangat. Kemudian celupkan kain batik ke dalamnya dan kucek pada bagian yang kotor saja. Lakukan hal itu sampai kotoran yang menempel di kain batik menghilang.

Kain Batik Jangan Diperas

Setelah bagian kain batik yang kotor menghilang, kamu bisa langsung mengeringkan kain batik tersebut. Namun saat ingin mengeringkan, jangan sekali-sekali memeras kain batik. Hal ini berguna untuk menjaga kualitas serat kain tetap terjaga dengan baik.

 Saat Dijemur Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Saat akan menjemur kain batik, sebaiknya rentangkan kain batik terlebih dahulu sama seperti mencuci kain lainnya. Namun jangan sampai saat menjemurnya nanti terkena paparan sinar matahari langsung. Kain batik cukup diangin-anginkan saja, menjemur langsung terkena sinar matahari bisa membuat warna kain mudah luntur. Menjaga warna dan kualitas kain batik tentunya akan membuat anda senang. Terlebih batik itu hanya dikenakan pada acara-acara khusus saja. Walaupun sudah lama, namun akan terus nampak seperti baru karena warnanya masih cerah.

Source Lerak Sebagai Bahan Pencuci Batik Batik
Comments
Loading...