Lenggak-lenggok Model Rusia Berbusana Batik di Festival Indonesia

0 23

Lenggak-lenggok Model Rusia Berbusana Batik di Festival Indonesia

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M Wahid Supriyadi menonton fashion show dalam Festival Indonesia. Acara terus digelar meski di lokasi sedang diguyur hujan. Dubes Wahid tiba di lokasi fashion show di Taman Krasnaya Presnya, Moskow, Rusia, Sabtu (4/8/2018). Dia didampingi istrinya Murgiyati Supriyadi. 

Di lokasi juga tampak Atalia Praratya, istri Gubernur terpilih Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil); Wakil Dubes RI untuk Rusia, Lasro Simbolon; Ketua Panitia Festival Indonesia, Edi Suharto, dan lainnya. Fashion show karya desainer Ferry Sunarto ini merupakan rangkaian dari Festival Indonesia ketiga. 

Jelang fashion show, lokasi diguyur hujan. Meski demikian, banyak warga Moskow yang tetap berdiri di luar arena menanti acara dimulai. Fashion show ini digelar di sebuah taman bundar yang disulap menjadi catwalk. Jelang acara, Wahid tampak berbincang-bincang dengan para tamu yang hadir termasuk dengan Atalia. Mereka berbincang di bawah guyuran hujan yang tidak terlalu deras sambil mengenakan jas hujan berwarna kuning yang dibagikan panitia. 

Dalam perbincangan dengan Wahid, Atalia mengaku kagum dengan Festival Indonesia, apalagi banyak pelaku UMKM dan desainer-desainer Bandung yang terlibat dalam festival tahunan ini. Dia berharap Pemkot Bandung dan Pemprov Jawa Barat bisa terlibat dalam festival ini tahun depan. Wahid melepas jas hujannya saat diminta memberi sambutan. “Kita mendapat kehormatan hari ini untuk menyaksikan fashion show oleh desainer Ferry Sunarto,” katanya.

Wahid mengaku senang bisa menggandeng Ferry dalam Festival Indonesia. Ferry tiga tahun berturut-turut tidak pernah absen dalam festival yang sudah menjadi salah satu ikon di Kota Moskow ini. Bagi Wahid, Ferry adalah desainer yang mempunyai passion memperkenalkan keunikan dan keindahan batik dan kain Indonesia lainnya ke kancah internasional.

Wahid juga merasa senang Ferry di fashion show hari sebelumnya menggandeng desainer-desainer muda berbakat. Hasilnya seluruh baju yang ditampilkan dalam fashion show ludes terjual. Ferry dalam festival kali ini memang ditunjuk Wahid menjadi koordinator dan mengkurasi desain-desain terbaik para desainer muda yang tergabung dalam UMKM. “Itu adalah pencapaian yang impresif dari Ferry,” ucap Dubes Wahid memuji.

Dalam sambutannya, Ferry juga berterima kasih kepada Dubes Wahid. Dia merasa terhormat dipercaya tiga tahun berturut-turut terlibat di Festival Indonesia di Moskow. Ferry juga merasa senang Atalia mau datang menyaksikan fashion show-nya. “Istri gubernur Jawa Barat, terima kasih kehadirannya. Ini adalah merupakan support yang luar biasa bagi saya sebagai putra Jawa Barat,” ucapnya. “Saya juga berdoa mudah-mudahan hari ini adalah hari yang luar biasa bagi bangsa Indonesia.

Saya mempersembahkan koleksi ini, sebuah dedikasi saya sebagai desainer Indonesia di mana tiga tahun sudah dari saya mengambil inspirasi dari timur hingga saya mengambil inspirasi dari barat. Di timur saya mengambil inspirasi dari Bali dan terakhir ini saya juga mengambil inspirasi dari Jawa, di mana saya juga persembahkan koleksi ini adalah inspirasi dari Solo tempat kelahiran bapak. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir di sini,” sambung Ferry.

Saat memberi sambutan, Ferry juga menyinggung soal kondisi cuaca yang sedang diguyur hujan meski tidak terlalu besar. Dia optimistis hujan akan berhenti saat fashion show dimulai. “Terima kasih dalam cuaca yang baik kita bisa menyaksikan acara ini. Hujan akan berhenti dan kami bersyukur bahwa semuanya akan berjalan dengan baik. Kami percaya bahwa ini semua kita persembahkan untuk Indonesia dan bisa menjadi suatu kebanggaan buat Indonesia untuk mempromosikan karya-karya Indonesia semuanya untuk bisa dikenal di dunia internasional. So enjoy the show!” ucapnya.

Benar saja, hujan berhenti begitu fashion show dimulai. Satu per satu model Rusia pun berjalan mengitari taman bundar yang disulap jadi catwalk. Ada 24 koleksi busana wanita dan 8 busana pria yang ditampilkan Ferry. Karyanya yang kali ini berkolaborasi dengan Batik Keris dia namakan ‘dedikasi’ yang merepresentasikan dedikasinya secara konstan memperkenalkan fashion Indonesia ke Internasional. Lewat karyanya ‘dedikasi’, Ferry merepresentasikan eksotisme Indonesia, orang-orangnya yang hangat dan bersahabat serta budaya Indonesia yang kaya. Dia mengombinasikan karyanya dengan gaya dan potongan yang modern dengan warna-warna pastel. Banyak warga Moskow yang kagum dengan busana rancangan Ferry usai acara. Mereka memotret detail busana yang dikenakan para model usai fashion show berakhir.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita/4151998/lenggak-lenggok-model-rusia-berbusana-batik-di-festival-indonesia
Comments
Loading...