Lekukan Keindahan dan Ketelitian Cap Batik dalam Perkembangan Budaya Batik Nusantara

0 22

Lekukan Keindahan dan Ketelitian Cap Batik dalam Perkembangan Budaya Batik Nusantara

Batik, sebuah seni keindahan yang turun temurun diwariskan kepada generasi selanjutnya selalu berkembang. Berbagai teknik pembuatan batik mulai dikembangkan untuk menghasilkan hasil karya batik yang indah dan menarik. Salah satunya adalah lekukan keindahan dan ketelitian cap batik yang terbuat dari tembaga.

Berbeda dengan pembuatan batik tulis yang menggunakan canting sebagai alat untuk meletakkan malam, batik cap menggunakan cap yang dibuat dari tembaga sebagai media untuk membuat motif pada kain batik.

Potongan-potongan tembaga yang telah dibentuk kemudian disatukan dan dipatri dan kemudian didudukkan pada lempengan tembaga. Tembaga tersebut sudah disusun berdasarkan motif yang sudah ditentukan dan memiliki dimensi berkisar antara 30 x30 cm atau lebih.

Cap yang sudah terbentuk akan direndam di dalam genangan getah gondorukem panas dan kemudian dibiarkan dingin mengering. Lalu cap berlapis getah tersebut selanjutnya diampelas sampai permukaannya rata dan halus.

Penggunaan batik cap akan lebih mempersingkat waktu daripada penggunaan canting, namun batik cap terbatas pada pakem motif yang sudah paten dengan tembaga. Namun tidak menutup kemungkinan apabila menggunakan kombinasi antara canting dengan batik cap akan menghasilkan hasil yang lebih menarik.

Ukiran-ukiran presisi tembaga tersebut memberikan kesan yang rapi dan teliti, dan hampir menunjukkan pola geometris yang sempurna. Pola-pola geometris menjadi pakem utama kebanyakan batik cap di daerah Yogyakarta.

Para pengrajin cap batik di Daerah Yogyakarta sudah pasti memiliki dasar-dasar pembuatan motifbatik, baik pakem maupun seni perkembangannya. Kemampuan mereka membuat cap batik adalah sebuah warisan budaya tersendiri dan sudah selayaknya diberikan apresiasi atas hasil kerja kerasnya.

Kombinasi antara keindahan dan ketelitian pembuatan cap batik memberikan dampak yang baik untuk perkembangan budaya batik di Indonesia. Motif-motif geometris yang dihasilkan memberikan hasil yang lebih rapi dan menarik daripada karya batik tulis yang menggunakan canting.

Pola-pola cap tersebut menjadi saksi bahwa batik masih akan tetap lestari dan tetap menjadi salah satu khasanah budaya batik Indonesia. Ada nilai keindahan tersendiri dari pola-pola batik cap, ada sudut yang menarik yang mencoba ingin ditunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia adalah tempat dimana batik lahir dan menjelma menjadi kebanggaan Indonesia.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/09/27/lekukan-keindahan-dan-ketelitian-cap-batik-dalam-perkembangan-budaya-batik-nusantara/
Comments
Loading...