Latihan Membuat Pola Batik

0 512

Latihan Membuat Pola Batik

Batik merupakan salah satu karya seni yang memiliki pola cukup unik dan dibuat dengan cara khusus yakni dengan menuliskan atau menempelkan zat malam lilin pada selembar kain untuk diproses lebih lanjut dengan pewarnaan tertentu. Mengacu pada perkembangan trend mode yang ada, penggunaan berbagai unsur alam, teknologi, geometris, dan berbagai bentuk abstrak dewasa ini sudah menjadi hal yang biasa dalam pola batik.

Mengandalkan daya cipta dan kreativitas yang tinggi, keluwesan dan kecepatan seseorang dalam membentuk suatu motif nyatanya memang sangat diperlukan dalam kegiatan membatik. Oleh karena itulah untuk menghasilkan sebuah karya batik yang indah seseorang harus melakukan banyak latihan. Dalam membuat pola batik sendiri setidaknya dikenal tiga tahap latihan yang sangat penting, yakni:

  • Untuk melatih tangan guna mencapai keluwesan dan kecepatan dalam membuat garis dan bentuk tertentu dengan cara membuat garis dan bentuk dengan pensil di atas kertas.
  • Melatih daya cipta atau kreativitas dengan cara membuat stilasi benda-benda yang ada di sekitar kemudian latihan di tingkatkan dengan menggambar benda-benda khayalan serta menggabungkan unsur-unsur gambar dalam sebuah komposisi bidang.
  • Membuat gambar (pola) menggunakan canting di atas kain. Ketrampilan dan pengalaman seorang pembatik dalam menuangkan desain di atas kain akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir pola batik yang dibuatnya.
Source Latihan Membuat Pola Batik Batik
Comments
Loading...