Langkat Kembangkan Batik Tulis Motif Melayu

0 263

Langkat Kembangkan Batik Tulis Motif Melayu

Perajin batik di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terus berupaya agar dapat mengembangkan batik tulis motif melayu guna melestarikan peninggalan budaya yang dewasa hampir dilupakan masyarakat. Pengelola Batik Tulis “Adinda” di Kabupaten Langkat, Lailun Purnama di Medan mengatakan kerajinan batik tulis motif melayu tersebut memiliki nilai seni yang cukup tinggi dan harus tetap dipertahankan agar Kabupaten Langkat memiliki batik khas seperti daerah-daerah yang lain.

Oleh karena itu menurut Lailun Purnama, dirinya merasa terpanggil untuk melestarikan batik tulis melayu khas Kabupaten Langkat yang mulai tersisih karena semakin banyaknya baju batik dari daerah lain yang masuk ke daerah tersebut. “Saya bertekad agar batik tulis melayu ini tetap dapat dipertahankan, jangan sampai dilupakan para generasi muda, karena ini adalah peninggalan budaya yang harus dilestarikan,” ucap dia.

Pengelola batik mengatakan bahwa untuk memperkenalkan secara luas batik tulis melayu, pihaknya ikut kegiatan seperti pameran, di antaranya Pameran Gebyar Kerajinan Nasional Daerah se-Sumatera Utara di Merdeka Walk belum lama ini. Harga batik tulis yang dijual juga bervariasi dengan nilai Rp350.000 hingga Rp500.000. Batik tulis melayu ini sangat halus dan terbuat dari benang pilihan yang berkualitas. Saat pameran tersebut batik tulis melayu ini mulai dilirik pengunjung pameran yang datang dan berkat pameran tersebut batik tulis melayu banyak dikenal masyarakat luas.

Hasil kerajinan batik tulis melayu merupakan karya wanita dari Kabupaten Langkat, juga tidak kalah menariknya dengan batik yang diproduksi daerah lain. Untuk dapat melestarikan kerajinan batik tulis melayu ini, pihaknya juga mengadakan pelatihan kepada puluhan wanita remaja di Kelurahan Pekan Gebang, Kabupaten Langkat. Dalam kegiatan pelatihan tersebut dapat belajar dan menimba ilmu ke Kota Solo untuk memperdalam berbagai seni batik, motif, ketrampilan, serta diterapkan di Kabupaten Langkat.

Source Langkat Kembangkan Batik Tulis Motif Melayu Batik
Comments
Loading...