Lahir 10 Motif Dan 60 Pembatik Baru

0 29

Lahir 10 Motif Dan 60 Pembatik Baru

Selama lima hari penuh, sebanyak 60 orang perwakilan organisasi desa se Wonosobo mengikuti pelatihan Keterampilan, Inovasi, dan Kreasi Batik yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan Ketahanan Pangan Sekda. Pelatihan melibatkan tiga orang pelatih yang merupakan praktisi di bidang pembuatan batik dan desainer baju. Dengan bimbingan Yohana Wiera pemilik Batik Kembang Keli Kertek dan Laili Nur dari Batik Talun Ombo, merupakan dua praktisi batik tulis Wonosobo dan desainer Alvin Aribowo yang karyanya sering dikenakan para pejabat dan menjuarai berbagai kompetisi maka peserta diharapkan semakin termotifasi untuk berkarya.

Mengambil tempat di gedung Wanita Wonosobo, pelatihan ditutup pada Jumat dengan pemberian bingkisan bagi tiga kelompok terbaik. Uniknya, seluruh peserta diarahkan untuk membuat motif baru dan dari 60 motif tersebut dipilih 10 motif yang dikerjakan oleh 6 orang dalam tiap kelompok. Dari seluruh peserta hanya ada tiga peserta laki-laki, namun semuanya kompak dalam kelompok masing-masing yang diarahkan untuk memunculkan kreasi baru setelah dilatih dari dasar. Selain itu, nama-nama motif baru yang lahir dari para peserta tergolong unik karena mengangkat potensi alam dari desa masing-masing. Salah satunya adalah batik ‘Salak’ yang diangkat oleh kelompok desa Lipursari, ada pula motif dengan nama kepala banteng, mata air, bunga anturium, lele, dan duku.

Dari 60 nama yang diusulkan peserta kemudian dipilih satu nama untuk tiap desa, sekaligus dibentuk kelompok sehingga paska pelatihan, bisa mengembangkan bersama di desanya. Agnes peserta, berharap selepas  lebaran 2015 bisa diadakan kembali pelatihan untuk pengambangan kemampuan dan teknik membatik dengan pelatih yang sama, karena peserta sucah merasa cocok dan berharap bisa membuat kelompok semakin solid. Alvin menjawab permintaan tersebut dengan berpesan bahwa tiap kelompok yang berjumlah 6 orang tidak boleh berkurang, tetapi boleh bertambah.

Source https://wonosoboekspres.wordpress.com/ https://wonosoboekspres.wordpress.com/2015/06/12/lahir-10-motif-dan-60-pembatik-baru/
Comments
Loading...