Kota Terbaik di Indonesia Untuk Berburu Batik

0 26

Kota Terbaik di Indonesia untuk Berburu Batik

Batik adalah kain tradisional yang berasal dari Indonesia. Pesona batik tidak hanya memikat kita sebagai warga lokal, tapi pesona batik pun sudah mendunia. Batik telah menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO. Jika dulu batik hanya bisa dipakai oleh keluarga kerajaan. Kini batik sudah bisa dipakai oleh orang biasa dan dipakai semua orang tanpa peduli latar belakangnya apa. Bagi kalian yang suka sekali mengoleksi batik, berikut ada 5 rekomendasi kota terbaik untuk membeli batik di Indonesia.

Bali

Seperti yang kita tahu jika Bali menawarkan banyak tujuan liburan dan juga tempat belanja. Tidak hanya itu, Bali sendiri menawarkan batiknya. Jika kalian ke sana, jangan lupa untuk membeli batik Bali. Batik Bali adalah batik yang sangat berwarna-warni. Batik Bali dapat dibeli di banyak pasar tradisional atau modern di Bali, seperti Pasar Sukawati contohnya.

Surakarta

Sama dengan Yogyakarta, Surakarta juga memiliki jenis batiknya tersendiri. Dulu batik sendiri dipakai oleh keluarga kerajaan dan kini batik merupakan salah satu warisan dari istana. Batik Yogyakarta dan Surakarta berbeda dari batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini dikarenakan karena filosofinya yang berharga dan proses pembuatannya itu sendiri. Itu sebabnya batik di Yogyakarta dan Surakarta lebih mahal dari yang lain.

Semarang

Kota yang dijuluki sebagai Kota Lumpia itu menyediakan banyak jenis batik. Batik yang paling populer sendiri di Semarang adalah batik jenis pantai. Batik Semarang sendiri mengusung warna-warna yang cukup berani mengingat daerahnya yang berada di pesisir.

Madura

Madura juga memiliki jenis batik tersendiri. Batik Madura sendiri tidak berasal dari istana kerajaan. Dan karena hal itulah batik Madura memiliki banyak inovasi dan warna yang beraneka ragam karena tidak memiliki pola tertentu.

Pekalongan

Pekalongan memiliki batik sendiri, batiknya sendiri berbeda dengan batik berharga dari Yogyakarta dan Surakarta. Batiknya berwarna-warni dan banyak jenis karena tidak memiliki pola khusus dari kerajaan. Batik Lasem adalah batik populer di Pekalongan, batik itu berasal dari masyarakat keturunan Jawa-Chinese.

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/travel/destination/sindy-tan/kota-terbaik-di-indonesia-untuk-berburu-batik-c1c2/full
Comments
Loading...