Kota Tegal Kembangkan Kampung Batik

0 412

Kota Tegal Kembangkan Kampung Batik

Pemerintah Kota Tegal terus melakukan kegiatan untuk pembinaan dan memberi fasilitas bagi pengrajin batik. Salah satunya, Pemkot Tegal telah membangun pusat (sentra) batik di Tegal Selatan. Yang dikenal dengan nama “Griya Batik Tegal”, yang berdiri di atas tanah Pemkot seluas 555,75 m2. Lokasi tersebut bersebelahan dengan kelurahan Bandung. Griya Batik Tegal berfungsi sebagai tempat bertemunya para pengrajin. Jadi tempat pendidikan dan pelatihan sekaligus sebagai pusat pameran batik Tegalan. Untuk lebih memajukan sentra batik tersebut, Pemkot memandang perlu dilakukan strategi pengembangan IKM batik dengan mendirikan Kampung Batik. Dengan bekerja sama dengan perusahaan/BUMN/BUMD yang memiliki program kemitraan dan bina lingkungan (SCR).

Untuk dapat mewujudkan program Kampung Batik, Pemkot melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkoperindag) Kota Tegal menjalin kerja sama dengan Bank BNI Tegal dan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber). Dalam audiensi dengan pimpinan Bank BNI Cabang Tegal, pada tanggal 16 Mei 2016, Bank BNI menyatakan siap bekerja sama dengan (Dinkoperindag) Kota Tegal. Yakni, untuk membina dan mengembangkan industri kecil batik, melalui program Kampung Batik secara terencana, terarah dan berkelanjutan.

Pembangunan kampung batik dilaksanakan beberapa tahap. Tahap awal adalah melaksanakan capacity building yakni memberikan pelatihan kepada perajin mengenai teknik perwarnaan, manajemen pemasaran dan managemen kemasan, sehingga diharapkan pengrajin batik menghasilkan kain batik berkualitas yang dapat memenuhi selera pasar. Setelah dilakukan pelatihan, kami bantu untuk bisa mendirikan yang disebut Kampung BNI Batik Tegal, yang secara fisik dibuatkan ada identitas khusus bahwa di Kelurahan Bandung dan Kelurahan Kalinyamat Kecamatan Tegal Selatan ada Kampung Batik. Namun tidak merubah kebiasaan para pembatik yang tetap melaksanakan kegiatan membatiknya di rumah seperti biasa.

Rencana pembentukan Kampung Batik disambut gembira oleh Ketua Koperasi Batik Cempaka Mulya, Suharti. Terlebih Griya Batik Tegal akan dilengkapi bangunan yang bisa digunakan untuk kantor koperasi atau menjadi display produk batik Tegal. Dengan demikian, masyarakat yang ingin mencari batik Tegal tidak mengalami kesulitan dan mudah untuk mendapatkannya.

Source Kota Tegal Kembangkan Kampung Batik Sentra
Comments
Loading...