Konsep Mendidik Melalui Batik

0 18

Konsep Mendidik Melalui Batik

Batik sebagai wacana pendidikan diartikan batik mempunyai makna pendidikan dan digunakan untuk mendidik. Pendidikan dan pengajaran dimuati perilaku atau latihan dalam bentuk apresiasi dengan memahami motif yang ada didalamnya.

Munculah konsep Pendidikan Batik yaitu mendidik ”dengan, melalui, berupa” batik. Mendidik adalah mendewasakan anak, dimana struktur jiwa beranah cipta, rasa, dan karsa. Pendidikan Batik tidak hanya sekedar pelajaran praktek berkaya seni tanpa kaidah dan prinsip penciptaan serta simbolise wacana teks visual  melainkan pendidikan dengan muatan lokal batik.

Dengan pemahaman bahwa batik selain sebagai sebuah karya seni dengan prosedur tutup celup,  batik juga bermuatan pendidikan berkehidupan (pendidikan kepribadian).  Demikian diungkapkan  Hajar Pamadhi, MA, Dosen Jurusan Seni Rupa FBS UNY pada Seminar Nasional Batik  “Revitalisasi Batik Pendidikan”  yang digelar (18/5) di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Seminar menghadirkan juga  Prof. Dr. Sony Dharsono (Dosen UNNES), Dra. Suliantoro Sulaiman (Batik Sekar Jagad), Drs. Martono , M.Pd. (Dosen Seni Rupa FBS UNY).

Selain seminar, digelar juga Pameran Batik yang menampilkan berbagai kreasi dari batik seperti lukisan, sepeda, bola, tas dll. Pameran yang berlangsung (17-19/5) di Hall Rektorat UNY juga  mendemonstrasikan  proses membatik.

Dinobatkannya batik sebagai salah satu warisan budaya dunia yang  dihasilkan bangsa Indonesia oleh UNESCO.  Maka sebagai anak bangsa perlu merevitalisasi batik. Merevitalisasi batik  dengan ’menghidupkan kembali’ seni batik dengan tidak hanya sekedar mengenal dan memakai batik tapi juga membangun pendidikan karakter melalui batik.

Banyak hal sederhana yang dapat diajarkan dari proses membatik. Dengan  membatik akan mengajarkan tentang kecermatan, ketelitian, ketekunan.  Alangkah baiknya jika dapat mendorong anak didik  untuk tidak melihat batik hanya sebagai sebuah mahakarya tapi juga dapat memaknai filosofinya yang terkandung didalamnya.

Source https://www.uny.ac.id/ https://www.uny.ac.id/berita/pendidikan-batik-konsep-mendidik-melalui-batik
Comments
Loading...