Koleksi Outfit dengan Motif Batik yang Effortless dan Chic dari Uniqlo

0 114

Batik, salah satu warisan tradisional Indonesia ini memang lekat dengan citra old time. Mungkin itu yang jadi salah satu alasan terkadang kaum muda enggan mengenakan batik, atau memilih memakai batik hanya di acara resmi tertentu. Namun, siapa bilang bahwa batik tak mampu dimodifikasi dengan sentuhan fashion modern yang stylish? Bermain pola warna yang lebih tone down, serta cutting yang edgy sebenarnya mampu ditempuh untuk menyulap tampilan batik sebagai daily wear yang lebih chic.

Sukses dengan koleksi modest wear, Uniqlo kini menciptakan sebuah koleksi yang memodifikasi rancangan dengan memadukan motif batik Indonesia. Ya, karena batik sebenarnya adalah teknik maka koleksi khusus ini lebih sebagai koleksi dengan motif atau print batik. Koleksi ini memadukan pola tradisional dengan warna, siluet dan desain yang terlihat lebih effortless untuk menciptakan koleksi modern yang terinspirasi dari warisan tradisi. Hadir untuk perempuan dan laki-laki dengan menampilkan warna-warna cerah yang sesuai untuk cuaca tengah tahun yang panas, yaitu pink muda, biru serta off white yang cukup jarang digunakan untuk batik tradisional. Fokus pada desain modern dan siluet yang ringan dan nyaman, serta pemilihan bahan yang cocok untuk iklim Indonesia, dengan modifikasi berupa atasan lengan tiga perempat dan lengan pendek serta terdapat beberapa gaya yang mampu memberikan efek jenjang pada bagian leher. 

Terinpirasi dari motif-motif ikonik batik Indonesia, seperti Parang dan Sulur, Uniqlo mengembangkan dan memodernisasi pola Parang, mengubah ukuran lekuknya serta memilih warna yang menyiratkan kesan modern dan lebih bersahaja. Setiap potongannya bercerita tentang keunikan tradisi dan beberapa di antaranya melambangkan nilai rasa sukur. Kemudian penggunaan motif flora seperti Sulur Daun dan Sinar Bintang juga ada di koleksi ini. Penyederhanaan warna dari pola floral dilakukan agar sesuai dengan trend modest wear teranyar, namun tetap mampu mempertahankan sentuhan tradisionalnya.

Menampilkan pola geometris yang lebih sederhana namun tetap menarik, koleksi motif batik dari Uniqlo ini mampu memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia kepada generasi muda dan dunia, bahwa batik tidak sebatas pakaian resmi semata, namun bisa dikenakan dengan gaya kasual ke kantor atau sekedar hangout dengan sahabat. Koleksi ini pun bisa dipadu-padankan dengan outfit pribadi kita lainnya, memberikan hasil akhir dengan gaya yang lebih individual. 

Source https://www.fimela.com https://www.fimela.com/fashion-style/read/3517877/koleksi-outfit-dengan-motif-batik-yang-effortless-dan-chic-dari-uniqlo
Comments
Loading...