Koleksi Batik Nelson Mandela Ternyata Dari Pekalongan

0 53

Koleksi Batik Nelson Mandela Ternyata Dari Pekalongan

Pada peringatan Hari Batik Nasional tahun ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berupaya membangun motivasi pada generasi muda untuk mencintai batik.

Terlebih, batik kini sudah menjadi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO sejak 2009.

Ia mencontohkan adanya tokoh dunia yakni mendiang mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela yang ternyata mengoleksi banyak batik dari Indonesia.

“Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela itu satu lemari bajunya batik semua. Batiknya Nelson itu dari mana coba? Dari Pekalongan, Jawa Tengah,” kata Ganjar disambut tepuk tangan riuh dari ratusan siswa SMA tersebut.

Ganjar mengungkapkan, Nelson Mandela dikenal dunia karena salah satunya gaya berbusananya yang khas. Pada acara resmi PBB maupun informal, Nelson Mandela sering mengenakan kemeja bermotif batik.

Namun, meski Nelson mempopulerkan batik di negaranya, lanjutnya, ternyata batik menjadi pakaian yang ‘sakral’ di tengah warga Afrika Selatan. Hal ini diperlukan metode dagang dalam kerjasama internasional untuk mengubah image batik di negara itu.

“Ketika saya tanya pada warga Afrika Selatan kenapa nggak pakai batik, katanya orang sana takut karena baju itu sangat dihormati dan sakral, mereka menyebut batik sebagai pakaian Mandela atau Mandela’s Shirt. Makanya Dubes RI untuk Afrika Selatan, diplomasi asing sekarang perlu bicara dagang batik,” katanya.

Ganjar juga menceritakan sejarah perdagangan batik di dalam negeri. Banyak orang kaya di Indonesia dimulai dari dagang batik di Solo, kemudian mereka membuat komunitas ‘Sarekat Islam’ yang di dalamnya adalah banyak para pedagang batik.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2017/10/02/membanggakan-koleksi-batik-nelson-mandela-ternyata-dari-pekalongan
Comments
Loading...