Koleksi Batik di Museum Batik Yogyakarta

0 41

Koleksi Batik di Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta terletak di Jl. Dr. Sutomo No. 13 A Yogyakarta dan didirikan pada tanggal 12 Mei 1977 atas prakarsa keluarga Hadi Nugroho. Adanya perhatian yang besar dari masyarakat termasuk wisatawan asing pada batik, mendorong keluarga ini merintis pengumpulan kain batik. Dimulai dari kerabatnya sendiri, orang tua, eyang dan generasi Hadi sendiri, hingga upaya merintis sebuah museum batik terlaksana.

Koleksi Batik di Museum ini sangat lengkap. Berbagai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia ada di sini, mulai dari Batik Yogyakarta, Indramayu, sampai daerah-daerah pengrajin Batik Indonesia lainnya. Koleksinya meliputi kain panjang, sarung dan sebagainya yang hingga kini telah mencapai jumlah 400 lembar kain ditambah beberapa peralatan membatik. Koleksi tertuanya adalah batik karya tahun 1700-an.

Museum Batik selain menyimpan koleksi Batik dari seluruh Indonesia juga menyimpan berbagai koleksi sulaman tangan. Koleksi sulaman tangan sangat beragam bahkan museum ini pernah mendapatkan penghargaan dari MURI atas karya Sulaman terbesar, yaitu kain batik berukuran 90 x 400 cm dan setahun kemudian museum ini dianugerahi piagam penghargaan dari lembaga yang sama sebagai pemrakarsa berdirinya Museum Sulaman pertama di Indonesia.

Sekarang Museum Batik dikelola oleh Ibu Dewi Sukaningsih yang juga merupakan pembuat sulaman-sulaman tangan yang sangat indah karena tampak nyata dengan foto aslinya. Namun, meskipun museum ini memiliki aset seni dan budaya yang bahkan diakui oleh dunia, peran serta pengelolaan dari pemerintah masih kurang. Hal tersebut membuat Museum ini masih kurang berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas.

Jumlah koleksi di Museum Batik mencapai 1219 buah,meliputi :

  • 500 lembar kain  batik
  • 600 jenis cap batik
  • 124 canting
  • 35 koleksi alat dan perlengkapan membatik (wajan,anglo,pewarna alam, pacar air, kulit pohon mengkudu, kayu pohon tegeran, getah pohon pinus.
  • berbagai macam kain batik dari tahun 1960 yang berupa kain panjang sarung, selendang dan tokwi (taplak tutup meja saji)
  • Batik karya Van Zuylen (Belanda)
  • Batik karya Oey Soe Tjoen (Cina)
  • Koleksi kain batik tahun 1700-an dengan berbagai corak
  • Koleksi sulaman karya Dewi Nugroho yang dibuat tahun 1980
  • Sulaman terpanjang dengan ukuran 400cm x 90cm dan meraih penghargaan dari MURI sebagai sulaman terpanjang
Source Koleksi Batik di Museum Batik Yogyakarta Batik
Comments
Loading...