Klaster Batik Lokal Akan Jadi Unggulan

0 9

Klaster Batik Lokal Akan Jadi Unggulan

Batik lokal asal Kota Tegal akan dikembangkan melalui klasternya supaya jadi unggulan. Hal itu dilakukan guna upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kota tersebut. Ketua Pengembangan Ekonomi Lokal Kota Tegal Riswanto mengatakan, industri batik lokal nantinya akan akan menyerap banyak tenaga kerja lokal.

“Karena itulah perajin batik terus kami bina,” kata Riswanto.

Nantinya, batik lokal tersebut akan dijadikan produk unggulan untuk Kota Tegal. Karena itu, perajin batik lokal akan bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal sebab akan dilakukan pelatihan seperti manajemen pemasaran, pengaturan barang dan sejenisnya.

Sehingga untuk mengembangkan batik lokal, hal itu dipandang sebagai langkah strategis pemerintah daerah untuk menunjukkan jati dirinya di bidang batik. Lantaran saat ini batik lokal Tegal juga mulai diperhitungkan karena kualitasnya tidak kalah dengan produk tetangga seperti Kota dan Kabupaten Pekalongan.

“Batik lokal Tegal khususnya batik tulis. Kualitasnya tidak kalah dengan Pekalongan, ” ujarnya.

Karena itulah, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait akan gencar memajukan batik lokal.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/695676/22/klaster-batik-lokal-akan-jadi-unggulan-1354984403
Comments
Loading...