Kita dan Batik

0 28

Kita dan Batik

Tanggal 2 Oktober memang diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Sejatinya, batik adalah kain yang dilukis dengan tinta berbahan lilin atau malam yang dibakar. Lukisan-lukisan batik memiliki motif dengan filosofinya masing-masing. Sebut saja motif Sidomukti Magetan, motif Batik Kawung, motif Batik Yogya, dan masih banyak lagi.

Nama batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu amba yang artinya menulis dan titik yang artinya titik pula. Jika diselaraskan, kata batik memiliki arti menulis titik-titik. Saat ini batik memang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Tepat 9 tahun silam, yaitu pada tahun 2009 lah diresmikannya. Biasanya batik dipakai saat acara-acara penting seperti pernikahan.

Tak banyak orang yang memakai batik untuk kesehariannya. Selain saat pernikahan, paling-paling kita hanya melihat orang memakai batik sebagai seragam kantor. Eksistensi batik masih jauh tertinggal terutama di kalangan anak muda.

Meski merupakan warisan asli Indonesia, batik bisa dibilang masih kalah saing dibanding dengan berbagai model baju dengan brandkenamaan yang digemari anak muda. Padahal, batik nggak kalah keren kok. Orang yang memakai batik malah akan terlihat tegas dan berwibawa. Terlepas dari segala plus minusnya, batik tetaplah harta yang harus kita jaga sebaik-baiknya. Jangan sampai harta ini dicuri, karena batik milik Indonesia.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/widityas/5bb3594cc112fe626c65bd84/kita-dan-batik
Comments
Loading...