Kisah di Balik Batik Bandung

0 114

Kisah di Balik Batik Bandung

Banyak orang yang percaya dalam setiap goresan canting selalu ada makna atau cerita di dalam motif batik yang dibuat. Motif batik tidak hanya sekadar gambar tanpa makna. Cerita indah di balik setiap kain batik dari berbagai daerah di Indonesia selalu menarik untuk diketahui. Salah satunya kain batik dari Bandung, Jawa Barat. Terdapat sebuah motif yang didapat dari naskah kuno Siksakandang Karesian

Setiap daerah berlomba untuk memiliki motif dengan kearifan lokal masing-masing. Misalnya daerah Kabupaten Bandung, unik karena dia mengambil motif dari naskah kunonya Siksakandang Karesian. Pada naskah kuno yang diterjemahkan turunan Wiranatakusumah, Bupati Jawa Barat, menerjemahkan dengan puasa, imajinasi dituangkan dalam kertas kalkir. Di akhir hidupnya, setelah menyerahkan kekuasaan, Wiranatakusumah mewariskan goresan batiknya pada anak-anaknya, dengan harapan mereka bisa bertahan hidup. Selain cerita tentang Motif Batik Siksakandang Karesian tersebut, ada juga cerita legenda yang dituangkan di atas kain batik. Sehingga kain tersebut tidak pernah memiliki motif berulang.

Seperti cerita pada Curug Cimahi, Sangkuriang, yang dituangkan dalam selembar kain batik. Jadi motif tidak pernah berulang. Cerita sejarah yang dituangkan ke dalam batik memberikan inspirasi dalam pembuatan. Atau tarian topeng Cirebon, atau cerita wayang. Batik bisa jadi syiar agama, sarana edukasi pemahaman. Dulu Wali Songo juga gunakan batik untuk syiar.

Source https://www.viva.co.id/ https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/841477-kisah-di-balik-batik-bandung
Comments
Loading...