Kiprah Kunik, Mendulang Rupiah Dari Paduan Batik Dan Bordir

0 19

Kiprah Kunik, Mendulang Rupiah Dari Paduan Batik Dan Bordir

Membuka lapangan pekerjaan, memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun di bawah koordinasi, seorang perajin konveksi asal Desa Bangsongan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, bernama Kunik, dia mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi ibu rumah tangga di kampung halamannya. Alhasil, usaha ini menjadi bekal baginya untuk mendulang Rupiah.

Menurut perempuan berhijab itu, usaha konveksinya ini telah dirintis sejak 9 tahun terakhir. Bisnis ini didirikan dengan membuka usaha pembuatan batik dan bordir. Yang mana, meliputi batik dengan metode tulis hingga batik cap.

Bisnis ini, dikembangkan dengan melibatkan sejumlah ibu rumah tangga di desanya, sebagai tenaga penjahit, yang diberi upah secara borongan.

“Alhamdulillah, saya bisa mengajak sejumlah ibu rumah tangga di desa ini. Jadi mereka bisa sambil bekerja, menjahit kain batik, dan dapat juga sekaligus merawat anaknya,” kata Kunik, di Kabupaten Kediri, Kamis (20/9/2018).

Dari usaha inilah, beberapa bulan lalu, Kunik berpeluang digandeng oleh pemda setempat, untuk dilatih mengembangkan bisnis batik dan bordir. Bahkan termasuk pelatihan memproduksi motif batik dan bordir terbaru.

Selain itu, dia juga kerapkali, diikutkan dalam berbagai ajang pameran dan bazaar UMKM. Pada acara ini, dia memiliki langkah jitu untuk menarik perhatian konsumen.

“Ide awalnya, saya sering melihat orang jual kain batik, yang dipajang kainnya saja. Padahal, jika didesain menarik dan unik, lembaran kain batik ini bisa jadi sesuatu yang eye catching dan menjadi maha karya tersendiri,” katanya.

Untuk itulah, dalam setiap momentum pameran maupun bazaar UMKM, perempuan kreatif ini selalu memamerkan karyanya di patung boneka khusus. Di samping itu, juga dilengkapi dengan aksesoris yang sepadan, sehingga mampu mempercantik tampilan produknya.

Meski demikian, untuk saat ini pasar konveksinya baru menyebar di wilayah Kediri. Umumnya, para pembeli adalah masyarakat sekitar yang memesan beraneka seragam. Mulai dari seragam sekolah, kantor, hingga seragam panitia hajatan tertentu.

Namun, dia percaya, dengan mengandalkan media sosial, seperti facebook dan instagram, maka ekspansi usahanya semakin meluas di berbagai daerah. Bahkan juga membidik berbagai lapisan masyarakat, mulai usia anak-anak hingga dewasa.

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/09/20/kiprah-kunik-mendulang-rupiah-dari-paduan-batik-dan-bordir/
Comments
Loading...