infobatik.id

Kini Batik Jakarta Tak Hanya Ondel-ondel

0 26

Kini Batik Jakarta Tak Hanya Ondel-ondel

Selama ini, kain Batik khas Jakarta identik dengan motif ondel-ondel, tugu Monumen Nasional, dan penari betawi. Jika sekarang Anda ingin memiliki batik khas Jakarta, tidak perlu khawatir dengan motif yang itu-itu saja. Flora dan fauna khas Jakarta akan menyemarakkan koleksi batik Anda.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, meluncurkan motif baru untuk semua bentuk kerajinan, seperti batik, anyaman, kain perca, keramik, logam, dan plastik. Bertajuk Smara Cintya Puspanagari atau kecintaan pada bunga-bunga negeri, ditampilkan batik dan kerajinan bermotif flora dan fauna khas Jakarta, antara lain salak condet, daun sirih kuning, bunga melati gambir, bunga kembang teleng, bunga nona makan sirih, bunga kerak nasi, bunga tapak dara, bunga bungur, bunga flamboyan, elang bondol, bulus, kupu-kupu, dan burung kipasan elang.

Menggali identitas lain

Ketua Dekranasda DKI Jakarta Veronica Tjahaja Purnama mengatakan, Jakarta semacam Indonesia kecil dengan kekayaan flora dan fauna khas. “Jakarta perlu identitas yang lain. Kami coba menggali dan ditemukanlah flora dan fauna meski saya juga belum lulus ujian, belum hafal,” tuturnya sambil tertawa.

Dia lalu meminta agar suaminya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, mulai menanam aneka flora khas Jakarta tersebut di sekitar Balai Kota Jakarta. Veronica berharap agar keindahan flora dan fauna Jakarta bisa menginspirasi para perajin untuk lebih kreatif mengembangkan karya mereka.

Acara peluncuran motif baru tersebut sekaligus peresmian Galeri Dekranasda DKI Jakarta oleh Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla. Galeri ini, lanjut Veronica, merupakan solusi dari keprihatinan panjang tentang kurangnya fasilitas dan ruang pamer di tengah melimpahnya hasil kreativitas warga.

Galeri itu menampilkan beragam hasil kerajinan, mulai dari kain batik, sarung bantal, piring hias, dompet, tempat tisu, taplak meja, hingga tas tangan. Harganya beragam mulai dari Rp 25.000 hingga jutaan rupiah.

Veronica juga ingin agar para ibu rumah tangga yang kini menghuni rumah susun sederhana di sejumlah lokasi bisa diberdayakan untuk menghasilkan aneka kerajinan. Menurut dia, ini adalah langkah awal untuk memperluas sebaran motif kerajinan baru sekaligus menggerakkan roda perekonomian di rusun.

Mufidah mengapresiasi langkah DKI Jakarta menciptakan motif kerajinan baru dan galeri baru. Dia mendorong agar kreativitas semacam ini terus dikembangkan untuk mendukung perekonomian masyarakat. “Kerajinan dapat menjadi lapangan pekerjaan. Saya berharap Dekranasda DKI Jakarta dapat meningkatkan kemampuan perajin dalam teknik produksi, desain produk, dan manajemen produksi, sekaligus mendorong upaya pelestarian bahan baku,” ujarnya.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/ https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/12/29/kini-batik-jakarta-tak-hanya-ondel-ondel/
Comments
Loading...