Kilau Batik Madura dan Lenggok Sapi Sonok

0 94

Kilau Batik Madura dan Lenggok Sapi Sonok

Madura Eksotik Carnival satu rangkaian dari dari acara “Kemilau Madura” menyambut ulang tahun Pamekasan yang ke 488. Kemilau Madura berhasil masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata 2018. Tahun ini, Kemilau Madura akan diselenggarakan di dua tempat, Pamekasan dan Sumenep.

Fashion Batik Madura dan Sapi Sonok

Bupati Pamekasan Badrut Taman dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa Madura Eksotik Carnival merupakan sebuah sajian budaya yang memadukan antara fashion batik Pamekasan dan fashion sapi sonok, diiringi dengan musik yang rancak dan dinamis.

Kalau Jember mempunyai Jember Fashion Carnaval, dan Banyuwangi memiliki Banyuwangi Etno Carnival, maka event ini harus terus dikembangkan supaya Pamekasan memiliki ciri khas tersendiri. Yaitu Madura Eksotik Carnival sebagai sebuah event wisata baru di Madura.

Event ini banyak menyita perhatian masyarakat karena baru pertama kali diadakan di Madura dan kota Pamekasan. Para model dengan busana yang didominasi batik berjalan dan memamerkan hasil karya rancang busana berbahan dasar batik ini.

Yang sangat menarik adalah kehadiran sapi-sapi betina yang dihias cantik dengan pernak pernik di leher dan dadanya, turut berlenggak lenggok tidak mau kalah dengan para model. Sapi Sonok, begitu masyarakat Madura menyebutnya, merupakan kesenian khas Pamekasan. Sapi-sapi ini berlenggok mengikuti irama gamelan yang berasal dari gong, kenong, terompet dan kendang.  

Source https://pesona.travel/ https://pesona.travel/inspirasi/930/kilau-batik-madura-dan-lenggok-sapi-sonok
Comments
Loading...