Keunikan Proses Pembuatan Batik Bondowoso

0 152

Keunikan Proses Pembuatan Batik Bondowoso

Kabupaten Bondowoso terbilang asing dengan batik. Jangankan memiliki Motif Batik khusus ciri khas daerah, sekitar 25 tahun yang silam pembuatan batik bagi masyarakat Bondowoso merupakan hal yang tak lazim.

Didi Astiawan pada tahun 1985 membuat gebrakan dengan menciptakan batik khas Bondowoso. Bersama kakaknya, Didi mulai menjalankan usaha menjual batik. Didi yang juga seorang seniman menciptakan batik, dan sementara itu sang kakak yang mempromosikan batik buatannya.

“Saya selalu berpikir, selalu kalah dengan Solo dan Pekalongan, maka dari itu saya memakai ilmu petinju, yakni tak boleh mengikuti lawan. Saya harus cari terobosan lain dengan belajar dari alam. Ilmunya dari Yang Maha Kuasa,” ujar Didi ditemui di Sumbersari Batik, di Maesan, Bondowoso, pada acara Familiarization Trip jurnalis dan fotografer ke Bondowoso.

Didi membuat teknik batik yang berbeda dengan teknik pembuatan batik dari daerah lain. Teknik ini sangat unik yakni dengan mencetak langsung medium daun-daunan ke kain. Awalnya teknik ini banyak dicela orang lain. Tak menyerah, Didi akhirnya berhasil menciptakan ciri khas motif Bondowoso yakni Motif Daun Singkong, Kopi, dan Bambu dari teknik tersebut.

“Saya berpikir kalau orang akan bosan dengan batik. Saya pikir batik harus tampil berbeda dan bagus, caranya dengan menciptakan sistem melekat. Dari pertama kain harus dilihat ada cacat atau tidak. Pengawasan betul, setiap lini pekerjaan harus diberi petunjuk. Absen pekerja juga harus bagus, dikontrol,” cerita Didi.

Source Keunikan Proses Pembuatan Batik Bondowoso Batik
Comments
Loading...