Keunikan Motif Batik Pamekasan

0 312

Keunikan Motif Batik Pamekasan

Motif Batik Pamekasan memang kalah tenar dibandingkan dengan Motif Batik Pekalongan maupun Yogyakarta, namun perkembangan kesenian batik di Pamekasan cukup bisa bersaing dengan motif-motif batik dari daerah lain. Motif batik Pamekasan sesungguhnya memiliki motif yang sangat indah dan memberikan daya pikat bagi orang untuk membelinya. Pamekasan dikenal sebagai salah satu sentra industri kerajiban Batik di pulau Madura. Tradisi mengenai kain batik yang tertanam cukup kuat di kalangan masyarakat Pamekasan, telah membuat budaya membatik dan memakai kain batik terpelihara dengan baik di kalangan mereka.

Kesenian Batik Pamekasan, misalnya, memang menampilkan motif yang berbeda dari motif batik di daerah lain. Keunikan Batik Pamekasan memang terletak pada warnanya, yang sebagian besar berwarna merah terang dalam mootif bunga atau daun. Warna klasik ini tentu saja menjadi tren warna Batik Tulis Klampar, Pamekasan, yang sangat melegenda. Kegiatan membatik merupakan pemandangan yang unik dan menjadi daya pikat dari desa ini. Tidak heran bila Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan menetapkan Desa Klampar sebagai kampung wisata batik di Madura.

Keunikan yang ada pada Batik Pamekasan semakin memberikan daya tarik bagi masyarakat untuk membeli dan ikut serta dalam melestarikan kekayaan budaya bangsa itu. Buktinya, keterampilan membatik di lingkungan komunitas pembatik, diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Source Keunikan Motif Batik Pamekasan Batik
Comments
Loading...