Keunikan Motif Batik Majalengka

0 26

Keunikan Motif Batik Majalengka

Batik Majalengka memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri baik pada segi bentuk stilisasi ornamennya maupun pada pewarnaannya. Batik Majalengka memiliki corak yang sangat beragam akan jenis motifnya. Di antaranya, motif batik Kota Angin bersumber dari julukan Majalengka sebagai “Kota Angin” karena angin kencang yang selalu berhembus di kota ini sepanjang tahunnya. Motif Kota Angin ini nampak lebih gagah dan maskulin.

Dapat dipahami bahwa penciptaan karya tersebut didasari oleh konsep dan tema dari motif itu sendiri sebagai unsure bentuk visual yang sesuai dengan fungsi dan maknanya. Seperti misalnya Motif Batik Simbar Kencana Majalengka. Karya kriya batik tersebut memungkinkan mempunyai denotasi dan fungsinya, yakni dalam hal ini kain sebagai busana, lukisan ataupun elemen dekorasi interior. Kain batik tradisional Majalengka, di samping mempunyai denotasi tentunya juga mempunyai konotasi, misalnya material bahan, teknik (proses pembuatan) dan bentuk visual batik itu sendiri. Dari karakternya, bagus atau jelek baik dari hasil garapannya, maupun serasi atau tidak serasi dari hal pemakaian dan paduannya; serta memiliki simbol dan ikon daerah atau tidak.

Dengan adanya pengaruh perkembangan budaya, Motif Batik Majalengka semakin banyak variasinya, baik pada penggayaaan atau stilisasi motif dasar dan pengembangannya. Dari keunikan dan keragaman corak batik tersebut maka banyak pulalah tanda-tanda yang dimilikinya. Dilihat dari sistem tanda, Batik Majalengka kaya akan makna semantic maupun makna simboliknya.

Source http://asbunan-dedel.blogspot.co.id/ http://asbunan-dedel.blogspot.co.id/2016/10/analisis-semiotika-motif-batik-khas.html
Comments
Loading...