Keunikan Motif Batik Kawung Khas Solo

0 725

Keunikan Batik Kawung Khas Solo

Jenis batik ini yaitu batik yang terkenal yang ada di daerah Solo.Motif Kawung berpola bulatan mirip dengan buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang termasuk sebagai buah ) )kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris.

Terkadang motif ini dilambangkan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah.Bunga teratai dilambangkan dengan umur panjang dan suci.Sehingga motif ini kaya akan arti dan doa yang sangat baik dan motif ini juga sangat indah di pandang,Sehingga tidak heran bila banyak yang menyukai batik juga memilih dan membeli batik yang satu ini.

Yang melatar belakangi adanya motif batik yang satu ini salah satu sejarahnya yaitu bahwa motif Batik Kawung ini lahir ketika ada seorang pemuda dari suatu desa yang mempunyai wibawa yang tinggi serta disegani di kalangan kaumnya. Pemuda ini juga sangat santun dan bijak serta baik hati , sehingga membuat namanya terdengar hingga di kalangan Kerajaan Mataram .

Sementara itu di Kerajaan  Mataram penasaran akan sosok dari pemuda terrsebut sehingga pada akhirnya dari kerajaan itu sendiri memutuskan untuk  mengundang seorang pemuda tersebut  karena keingin tauan atas kemahsyuran pemuda itu. Sedangkan dari pihak keluarga sang pemuda salah satunya yaitu ibunya merasa terharu dan berpesan agar si pemuda ini bisa menjaga diri dari hawa nafsu serta tidak lupa akan asal-usulnya. Sehingga sang ibu membuatkan batik yang kemudian membuat sebuah motif yang di sebut juga dengan motif batik kawung, dengan harapan putranya bisa menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat.

Akhirnya pemuda ini diangkat menjadi adipati Wonobodro, karena ketangkasannya dalam menyelesaikan tugas kerajaan. Dalam pengangkatannya sebagai adipati Wonobodro, pemuda ini mengenakan baju batik pemberian ibundanya dengan motif batik kawung.Oleh karena itu motif batik yang satu ini serat akan makna yang bijak.Tidak sedikit orang yang mengetahui bati yang bermotifkan kawung ini,bagi para pecinta batik maka batik yang satu ini patut untuk di koleksi dan dijaga ,sehingga pengembangan dan pelestarian akan batik yang satu ini tidak akan luntur kegerus oleh zaman yang semakin modern ini.

 

Source Keunikan Motif Batik Kawung Khas Solo Baju Model Terbaru 2017
Comments
Loading...