Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Sekar Jagad

0 42

Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Sekar Jagad

Batik memiliki nilai estetika tinggi, syarat makna dan filosofi yang merupakan kearifan lokal yang perlu dipahami dan terus dilestarikan. Keserasian dan harmonisasi antar sesama hidup manusia, manusia dengan alam dan sang pencipta tertuang dalam motif batik yang indah, selain itu motif motif batik juga sarat akan harapan akan kehidupan yang lebih baik. Salah satunya adalah batik motif Sekar Jagad.

Batik motif Sekar Jagad merupakan salah satu motif batik khas Indonesia. Batik pedalaman ini berasal dari Solo & Yogya. Dengan latar putih, maknanya adalah peta dunia. “Kar” dalam Bahasa Belanda berarti peta dan “Jagad” dalam Bahasa Jawa berarti dunia, sehingga motif ini juga melambangkan keragaman baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Batik ini menggambarkan bentuk kebaikan dan biasa dipakai oleh orang ahli, orang pintar, dukun istana dan keraton. Motif ini mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona.

Ada pula yang beranggapan bahwa motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata sekar dab jagad. Sekar berarti bunga dan jagad adalah dunia. Paduan kata yang tercermin dari nama motif ini adalah kumpulan bunga sedunia. Motif ini merupakan perulangan geometris dengan cara ceplok (dipasangkan bersisian), yang mengandung arti keindahan dan keluhuran kehidupan di dunia. Motif ini mulai berkembang sejak abad ke-18. Motif Sekar Jagad merupakan motif batik yang mengambarkan kehidupan seluruh dunia dan rata-rata motif batik Sekar Jagad bernuansa bunga.

Motif batik ini memiliki pola yang mirip dengan gambar peta serta memiliki warna yang bervariasi pada setiap bagiannya. Salah satu keindahan dari motif batik ini adalah memancarkan keindahan dan daya tarik yang tinggi. Selain itu keragaman warna pada motif batik ini juga menjadi salah satu bentuk dari keindahan akan motif batik sekar jagad.

Dengan mengetahui kandungan makna yang tersirat dari motif batik yang akan anda kenakan, maka anda tak akan salah menempatkan diri dengan keadaan yang sedang berlangsung seperti saat menghadiri pesta atau acara formal lainnya.

Motif Sekar Jagad baik dalam guratan klasik ataupun guratan modern dengan ornamen utamanya berbentuk pulau-pulau yang menyatu, beraneka ragam dan warnanya akan tetapi tetap sama makna dari corak tersebut adalah mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona pada pemakainya. Batik motif ini baik sekali digunakan oleh kaum hawa untuk menambah pesona jiwa agar terlihat lebih indah dan bijaksana.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/keunikan-makna-filosofi-batik-klasik-motif-sekar-jagad/
Comments
Loading...