Keunikan Dari Motif Kain Batik Kudus

0 226

Keunikan Dari Motif Kain Batik Kudus

Sekarang Batik Kudus mulai bangkit kembali berkat pemberdayaan masyarakat kota Kudus setempat. Motifnya hampir sama dengan kebanyakan batik yang berasal dari Jawa Tengah, Batik Kudus juga menggambarkan tanaman dan hewan. Seperti batik pesisir lainnya, Batik Kudus juga memiliki motif yang hampir mirip dengan batik Semarang, Pekalongan, dan juga Batik Lasem. Berikut keunikan dari Batik Kudus :

  • Memiliki Ciri Warna Khusus

Batik yang dihasilkan oleh pengrajin di daerah ini memiliki ciri warna khusus yang disebut Babaran Langgar Dalem dan Babaran Kerjasan. Maka, produksi kain batik yang dihasilkan pun memiliki khas dengan warna soga tembelekan atau cokelat kehijauan senada Menara Kudus yang terdiri dari warna yang sama.

  • Sebagai Media Penyebaran Agama Islam

Motif Batik Kudus juga terdiri dari beberapa kalligrafi yang menerangkan bahwa pada masa Wali Songo Batik Kudus merupakan sebuah alat yang dijadikan media untuk menyebarkan agama Islam.

  • Motifnya Selalu Berkaitan Dengan Industri Kretek

Industri kretek yang berkembang pesat di Kudus juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi Motif Batik Kudus. Motif dengan lambang alat-alat untuk membuat kretek dan apapun yang terkait dengan industri kretek menjadi salah satu ciri khas dari Batik Kudus yang menjadi faktor kuat batik Kudus masih tetap bertahan sampai saat ini. Sebab itulah kretek dan Kota Kudus merupakan satu kesatuan yang nyatanya memang tak bisa terpisahkan. Uniknya batik dan kretek adalah warisan budaya yang harus dilestarikan karena telah menjadi teman hidup untuk masyarakatnya.

  • Motif Yang Rumit Hingga Banyak Pengrajin Menyerah

Motif batik juga memiliki kerumitan dan memakan waktu lama dalam menggerjakannya. Kabarnya, hal ini membuat para pengrajin banyak yang beralih profesi. Namun, ada juga pengrajin yang tetap setia membuat batik Kudus. Bahkan siapa sangka dengan kegigihan para pengrajin yang tetap setia untuk melestarikan warisan budaya mereka, akhirnya kampung batik yang ada di Kudus mulai bermunculan. Seperti Kampung Janggan dan Kampung Kedung yang lahir dan mempunyai ciri khas yang berbeda.

Source https://moslemlifestyle.com/id https://moslemlifestyle.com/id/article/batik-kudus.html
Comments
Loading...