Keunikan Batik Semarang

0 210

Keunikan Batik Semarang

Batik khas Semarang sangatlah unik, terdapat beberapa keunikan jika dilihat dari segi warna dan corak, yakni sebagai berikut:

  • Warna yang dihasilkan mencerminkan sebuah perpaduan kebudayaan yang berasal dari budaya China, Indonesia, dan Belanda. Warna yang biasa mereka tampilkan adalah kesan warna cerah seperti budaya China yang pada umumnya menyukai warna cerah. Kemudian kadang kalanya warna merah maroon sering ditampilkan hal tersebut berasal dari kebudayaan Belanda yang sering menggunakan dominasi warna tersebut.
  • Sejarah dari tanaman, binatang, dan beberapa cirikhas kota Semarang menjadikan sebuah corak yang unik dan hal itulah yang memang sangat mencerminkan sekali batik dari Semarang.
  • Beberapa cerita legenda kebudayaan Semarang pun sering ditampilkan berupa gambaran sederhana, sehingga kesan cerita tersebut sangat menonjolkan arti dari Semarang itu sendiri.

Pada zaman dahulu Batik Semarang memiliki beberapa kendala yaitu kesulitan mencari pengrajin yang mau menekuninya. Akan tetapi, setelah melakukan sebuah upaya di tahun 2005 yang dipelopori Pemerintah Kota Semarang berupa pelatihan dan penyebaran informasi untuk seluruh masyarakat sekitar, akhirnya saat ini sudah mulai muncul para pengrajin batik yang mahir membuat sebuah inovasi baru dari motif yang khas sebagai Kota Semarang.

Source https://lairdassoc.com/ https://lairdassoc.com/2016/10/25/batik-semarang/
Comments
Loading...