Keunikan Batik Kulon Progo Segera Dibukukan

0 136

Keunikan Batik Kulon Progo Segera Dibukukan

Buku tentang keunikan batik khas Kabupaten Kulonprogo segera akan diluncurkan oleh Pemkab Kulonprogo. Buku tersebut berisi berbagai motif hasil lomba batik yang diselenggarakan oleh Pemkab beberapa waktu lalu serta sinopsis dan arti dari motif batik. Penerbitan buku seperti ini dipandang penting untuk menjaga seni budaya khas Kulonprogo supaya bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh generasi mendatang. Dalam pemaparan buku tersebut oleh Disbudparpora, di Gedung Joglo Kabupaten Kulonprogo, Bupati Kulonprogo, dr. H. Hasto Wardoyo, SpOG(K) berpesan supaya buku tersebut memuat tulisan yang bersifat ilmiah, sehingga hal-hal yang tidak penting tidak perlu dimasukkan ke dalam buku.

Namun untuk menjaga kelengkapan informasi, hal-hal yang menunjang seperti lampiran maupun proses perjalanan batik gebleg renteng hingga pasca lomba, akan dimasukkan ke dalam buku lain yang masih berhubungan, meskipun dicetak terbatas. “Sehingga dapat dibuat 2 buku, di mana untuk arsip lampiran pendukung dibuat terpisah dan dicetak sedikit saja sebagai dokumen. Sedangkan buku yang lain dibuat sebagai referensi berisi kata pengantar, prakata mengenai gambaran teori perbatikan di Indonesia dari ahli, karya kita,” tutur Hasto. Hasto menambahkan bahwa buku tersebut harus diberi judul yang menarik, sehingga mengundang untuk dibaca.

Terkait dengan penerbitan, Hasto berharap buku tersebut dapat diterbitkan oleh Pemkab jika memang memenuhi syarat menerbitkan atau oleh penerbit swasta yang telah memegang lisensi. Penerbitan buku tersebut harus dilakukan secara profesional sehingga sejak buku diterbitkan akan mempunyai konsekuensi logis di mana orang yang mengutip harus mencantumkan sumber. Selain batik khas Kulonprogo, Pemkab melalui Disbudparpora juga akan menerbitkan beberapa buku khas Kulonprogo yang lain, yaitu buku ceritera rakyat, buku modul pariwisata, dan buku testimoni “Olahraga Bukan Beban, Tapi Kebutuhan”.

Source http://www.plazainformasi.jogjaprov.go.id/ http://www.plazainformasi.jogjaprov.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1030:keunikan-batik-kulon-progo-segera-dibukukan&catid=39:budaya&Itemid=65
Comments
Loading...